Mata Pelajaran : Fikih
Kelas/Semester :
II / Genap
Tema :
Keagungan-Mu ya Allah
Alokasi Waktu : 6
x 4 jp
![]()
I. Kompetensi Inti
KI-1 Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI-2 Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI-3 Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI-4 Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
II. Kompetensi Dasar dan
Indikator
Pencapaian Kompetensi
KD-1.2 Meyakini
bahwa zikir akan men-dekatkan diri kepada Allah swt.
KD-2.2 Membiasakan
perilaku positif sebagai implementasi dari pemahaman terhadap zikir setelah
shalat fardu
KD-3.2 Memahami
zikir setelah shalat fardu
KD-4.2 Mempraktikkan
zikir setelah shalat fardu
Indikator
-
Melafalkan bacaan dzikir setelah shalat fardhu
-
Menyebutkan hikmah dzikir setelah shalat fardhu
-
Membiasakan berdzikir setelah shalat fardhu
-
Mempraktikkan dzikir setelah shalat fardhu
III. Deskripsi Materi
Pembelajaran
a. Dzikir artinya mengingat Allah
b. Setelah selaesai
shalat sebaiknya berdzikir dan berdoa
c. Bacaan dzikir
istighfar, tasbih, tahmid, takbir dan tahlil
Peserta
didik diminta untuk memberikan tanda (V) pada kolom ya atau
tidak
Skor
:
Ya = 10
Tidak = 0
Kunci
jawaban pilihan ganda
1. A 5. C
2. A 6. C
3. B 7. A
4. B 8. B
Jawaban Singkat
1. Ingat
2. Tentram
3. Istighfar
4. Allah maha besar
5. 33 x
Pilihan ganda : jumlah jawaban
benar x 1 (maksimal 8 x1 = 8)
isian :
jumlah jawaban benar x 1 (maksimal
5 x 1 = 5)
Peserta
didik yang sudah menguasai materi pembelajaran diminta mengerjakan materi
pengayaan yang sudah disiapkan berupa soal - soal yang berkaitan dengan dzikir
Peserta
didik yang belum menguasai materi pembelajaran, akan dijelaskan kembali materi
dzikir. Guru melakukan penilaian kembali terhadap hasil pekerjan siswa.
Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan,
misalkanya 30 menit setelah jam pulang.
Guru
meminta peserta didik untuk meperlihatkan kolom insya Allah aku bisa dan kolom
ayo berlatih dalam buku teks kepada orang tuanya denga memberikan komentar dan
paraf. Kegiatan ini juga dapat dilakukan dengan mengunakan buku penghubung guru
dan orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk mengamati.
VI. Alat dan Sumber Belajar
-
Multimedia
interaktif dan Internet
-
Buku
Siswa Fikih MI kelas II Kemenag. Hal. 37- 44
-
Buku
lain yang menunjang
-
Latihan
A. Berilah tanda silang
(X) pada huruf a, b, atau c yang merupakan jawaban yang benar!
1. Dzikir menurut bahasa artinya …..
a. ingat
b. dekat
c. jauh
2. Kita diperintahkan berdzikir supaya … Allah
a. mengingat
b. meninggalkan
c. memusuhi
3. Dengan selalu berdzikir hidup kita akan
selalu…….
a. susah
b. tentram
c. bingung
4. Membaca dzikir sesudah selesaai shalat
hukumnya adalah ….
a. wajib
b. sunah
c. makruh
5.
![]()
a. tahlil
b. tasbih
c. istighfar
6.
![]()
a. istighfar
b. tahmid
c. tasbih
7.
![]()
a. Segala puji bagi Allah
b. Allah Maha Besar
c. Maha Suci Allah
8.
![]()
a. Segala puji bagi Allah
b. Allah Maha Besar
c. Maha Suci
Allah
B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan tepat
!
1. Dzikir menurut bahasa artinya …
2. Dengan berdzikir hidup kita akan menjadi …
3. Bacaan
![]()
4. Allahu akbar artinya …
5. Bacaan istighfar, takbir tahmid dibaca
sebanyak …
C. Tentukan Sikapmu
D. Ayo kita praktekkan
Bacaan dzikir
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Satuan Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Fikih
Kelas/Semester :
II / Genap
Tema :
Keagungan-Mu ya Allah
Alokasi Waktu : 6
x 4 jp
![]()
I. Kompetensi IntI.
KI-1 Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI-2 Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI-3 Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI-4 Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
II. Kompetensi Dasar dan
Indikator
Pencapaian Kompetensi
KD-1.2 Meyakini
bahwa zikir akan men-dekatkan diri kepada Allah swt.
KD-2.2 Membiasakan
perilaku positif sebagai implementasi dari pemahaman terhadap zikir setelah
shalat fardu
KD-3.2 Memahami
zikir setelah shalat fardu
KD-4.2 Mempraktikkan
zikir setelah shalat fardu
Indikator
-
Melafalkan bacaan dzikir setelah shalat fardhu
-
Menyebutkan hikmah dzikir setelah shalat fardhu
-
Membiasakan berdzikir setelah shalat fardhu
-
Mempraktikkan dzikir setelah shalat fardhu
III. Deskripsi Materi
Pembelajaran
a. Dzikir artinya mengingat Allah
b. Setelah selaesai
shalat sebaiknya berdzikir dan berdoa
c. Bacaan dzikir
istighfar, tasbih, tahmid, takbir dan tahlil
Peserta
didik diminta untuk memberikan tanda (V) pada kolom ya atau
tidak
Skor
:
Ya = 10
Tidak = 0
Kunci
jawaban pilihan ganda
1. A 5. C
2. A 6. C
3. B 7. A
4. B 8. B
Jawaban Singkat
1. Ingat
2. Tentram
3. Istighfar
4. Allah maha besar
5. 33 x
Pilihan ganda : jumlah jawaban
benar x 1 (maksimal 8 x1 = 8)
isian :
jumlah jawaban benar x 1 (maksimal
5 x 1 = 5)
Peserta
didik yang sudah menguasai materi pembelajaran diminta mengerjakan materi
pengayaan yang sudah disiapkan berupa soal - soal yang berkaitan dengan dzikir
Peserta
didik yang belum menguasai materi pembelajaran, akan dijelaskan kembali materi
dzikir. Guru melakukan penilaian kembali terhadap hasil pekerjan siswa.
Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan,
misalkanya 30 menit setelah jam pulang.
Guru
meminta peserta didik untuk meperlihatkan kolom insya Allah aku bisa dan kolom
ayo berlatih dalam buku teks kepada orang tuanya denga memberikan komentar dan
paraf. Kegiatan ini juga dapat dilakukan dengan mengunakan buku penghubung guru
dan orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk mengamati.
VI. Alat dan Sumber Belajar
-
Multimedia
interaktif dan Internet
-
Buku
Siswa Fikih MI kelas II Kemenag. Hal. 37- 44
-
Buku
lain yang menunjang
-
Latihan
A. Berilah tanda silang
(X) pada huruf a, b, atau c yang merupakan jawaban yang benar!
1. Dzikir menurut bahasa artinya …..
a. ingat
b. dekat
c. jauh
2. Kita diperintahkan berdzikir supaya … Allah
a. mengingat
b. meninggalkan
c. memusuhi
3. Dengan selalu berdzikir hidup kita akan
selalu…….
a. susah
b. tentram
c. bingung
4. Membaca dzikir sesudah selesaai shalat
hukumnya adalah ….
a. wajib
b. sunah
c. makruh
5.
![]()
a. tahlil
b. tasbih
c. istighfar
6.
![]()
a. istighfar
b. tahmid
c. tasbih
7.
![]()
a. Segala puji bagi Allah
b. Allah Maha Besar
c. Maha Suci Allah
8.
![]()
a. Segala puji bagi Allah
b. Allah Maha Besar
c. Maha Suci
Allah
B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan tepat
!
1. Dzikir menurut bahasa artinya …
2. Dengan berdzikir hidup kita akan menjadi …
3. Bacaan
![]()
4. Allahu akbar artinya …
5. Bacaan istighfar, takbir tahmid dibaca
sebanyak …
C. Tentukan Sikapmu
D. Ayo kita praktekkan
Bacaan dzikir
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Satuan Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Fikih
Kelas/Semester :
II / Genap
Tema :
Keagungan-Mu ya Allah
Alokasi Waktu : 6
x 4 jp
![]()
Kompetensi IntI.i
KI-2 Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI-3 Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI-4 Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
II. Kompetensi Dasar dan
Indikator
Pencapaian Kompetensi
KD-1.2 Meyakini
bahwa zikir akan men-dekatkan diri kepada Allah swt.
KD-2.2 Membiasakan
perilaku positif sebagai implementasi dari pemahaman terhadap zikir setelah
shalat fardu
KD-3.2 Memahami
zikir setelah shalat fardu
KD-4.2 Mempraktikkan
zikir setelah shalat fardu
Indikator
-
Melafalkan bacaan dzikir setelah shalat fardhu
-
Menyebutkan hikmah dzikir setelah shalat fardhu
-
Membiasakan berdzikir setelah shalat fardhu
-
Mempraktikkan dzikir setelah shalat fardhu
III. Deskripsi Materi
Pembelajaran
a. Dzikir artinya mengingat Allah
b. Setelah selaesai
shalat sebaiknya berdzikir dan berdoa
c. Bacaan dzikir
istighfar, tasbih, tahmid, takbir dan tahlil
Peserta
didik diminta untuk memberikan tanda (V) pada kolom ya atau
tidak
Skor
:
Ya = 10
Tidak = 0
Kunci
jawaban pilihan ganda
1. A 5. C
2. A 6. C
3. B 7. A
4. B 8. B
Jawaban Singkat
1. Ingat
2. Tentram
3. Istighfar
4. Allah maha besar
5. 33 x
Pilihan ganda : jumlah jawaban
benar x 1 (maksimal 8 x1 = 8)
isian :
jumlah jawaban benar x 1 (maksimal
5 x 1 = 5)
Peserta
didik yang sudah menguasai materi pembelajaran diminta mengerjakan materi
pengayaan yang sudah disiapkan berupa soal - soal yang berkaitan dengan dzikir
Peserta
didik yang belum menguasai materi pembelajaran, akan dijelaskan kembali materi
dzikir. Guru melakukan penilaian kembali terhadap hasil pekerjan siswa.
Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan,
misalkanya 30 menit setelah jam pulang.
Guru
meminta peserta didik untuk meperlihatkan kolom insya Allah aku bisa dan kolom
ayo berlatih dalam buku teks kepada orang tuanya denga memberikan komentar dan
paraf. Kegiatan ini juga dapat dilakukan dengan mengunakan buku penghubung guru
dan orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk mengamati.
VI. Alat dan Sumber Belajar
-
Multimedia
interaktif dan Internet
-
Buku
Siswa Fikih MI kelas II Kemenag. Hal. 37- 44
-
Buku
lain yang menunjang
-
Latihan
A. Berilah tanda silang
(X) pada huruf a, b, atau c yang merupakan jawaban yang benar!
1. Dzikir menurut bahasa artinya …..
a. ingat
b. dekat
c. jauh
2. Kita diperintahkan berdzikir supaya … Allah
a. mengingat
b. meninggalkan
c. memusuhi
3. Dengan selalu berdzikir hidup kita akan
selalu…….
a. susah
b. tentram
c. bingung
4. Membaca dzikir sesudah selesaai shalat
hukumnya adalah ….
a. wajib
b. sunah
c. makruh
5.
![]()
a. tahlil
b. tasbih
c. istighfar
6.
![]()
a. istighfar
b. tahmid
c. tasbih
7.
![]()
a. Segala puji bagi Allah
b. Allah Maha Besar
c. Maha Suci Allah
8.
![]()
a. Segala puji bagi Allah
b. Allah Maha Besar
c. Maha Suci
Allah
B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan tepat
!
1. Dzikir menurut bahasa artinya …
2. Dengan berdzikir hidup kita akan menjadi …
3. Bacaan
![]()
4. Allahu akbar artinya …
5. Bacaan istighfar, takbir tahmid dibaca
sebanyak …
C. Tentukan Sikapmu
D. Ayo kita praktekkan
Bacaan dzikir
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
0 komentar:
Posting Komentar