RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
pelajaran :
F I K I H
KELAS II
SEMESTER GENAP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Madrasah
Ibtidaiyah
Mata
Pelajaran : Fikih
Kelas/Semester : II / Genap
Tema : Indahnya Kebersamaan
Alokasi Waktu : 8 x 4 jp

I. Kompetensi Inti
KI-2 Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
II. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KD-1.1. Meyakini bahwa shalat berjamaah
memiliki banyak keutamaan
KD-2.1 Membiasakan sikap kebersamaan dan
kekeluargaan sebagai imple-mentasi dari pemahaman terhadap ketentuan shalat
berjamaah
KD-3.1 Memahami ketentuan shalat berjamaah
KD-3.2 Memahami
iqamah
KD-4.1 Mensimulasikan tata cara shalat
berjamaah
Indikator
-
Menyebutkan
ketentuan shalat berjamaah
-
Menyebutkan
tata cara shalat berjamah
-
Mempraktikkan
shalat berjamaah
-
Membiasakan
shalat berjamaah
III. Deskripsi Materi Pembelajaran
a. Shalat berjamaah
adalah shalat yang dikerjakan secara bersama-sama dan dilakukan oleh dua orang
atau lebih, yang satu jadi imam dan yang lain menjadi makmum.
b. Shalat berjamaah
lebih utama dari pada shalat sendiri, pahala shalat berjamaah 27 derajat.
c. Jika imam lupa
dalam shalat, maka makmum wajib untuk mengingatkannya.
d. Makmum masbuk
adalah makmum yang ketinggalan shalat berjamaah.
e. Hukum shalat
berjamaah adalah sunah muakad
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1)
Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2)
Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3)
Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada
peserta didik.
4)
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi adzan
5)
Media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan manual di
papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/ dibaca),
atau dapat juga menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
6)
Pembelajaran Fikih dapat dilaksanakan di luar kelas, antara
lain mushalla, masjid, atau tempat lain yang memungkinkan yang ada di
lingkungan madrasah.
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati (observing)
1)
Mengamati gambar anak shalat berjamaah yang ada di buku teks
2)
Mengamati dan membandingkan gambar anak yang sedang shalat
sendiri dan shalat berjamah mengemukakan pendapatnya tentang gambar tersebut
Menanya (questioning)
1)
Memberikan pertanyan yang sifatnya memancing pengetahuan siswa
terkait gambar shalat berjamaah.
2)
Mennaya apa bedanya shalat sendiri dan shalat berjamaah dan
manakah yang sering mereka kerjakan
Mengumpulkan informasi /mencoba (experimenting)
1)
Berdiskusi/mengkaji
tentang Pengertian Shalat
Berjamaah, Syarat Sah Menjadi Imam dan Makmum, Cara Memberitahu Imam yang
Lupa, dan Keutamaan Shalat Berjamaah
|
295 menit
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
2)
Memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil
kajiannya
Menalar/Mengasosiasi
(associating)
Menjelaskan
kepada siswa tentang shalat berjamaah, syarat menjadi imam dan makmum serta
cara mengingatkan imam yang lupa, keutamaan shalat berjamah
Mengomunikasikan (communicating)
1)
Memberikan
tantangan kepada siswa untuk menyebutkan syarat wajib dan syarat sah shalat
2)
Menjawab
guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan seputar ketentuan shalat
3)
Menjawab
guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan seputar ketentuan shalat
4)
Mengidentifikasi
mana yang merupakan syarat wajib dan mana yang merpakan syarah sah shala
5)
Memberikan
penguatan dan menyimpulkan materi tentang shalat berjamaah
6)
Memberikan
beberapa pertanyaan kepada siswa tentang shalat berjamaah syarat menjadi imam
dan makmum serta cara mengingatkan imam yang lupa
7)
Menyalin
kesimpulan dalam buku catatan masing-masing
|
||
Penutup
|
1) Guru memberikan
penguatan dan menyimpulkan materi tentang shalat berjamaah
2) Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada
siswa tentang shalat berjamaah syarat menjadi imam dan makmum serta cara
mengingatkan imam yang lupa
3) Siswa menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing
|
15 menit
|
No
|
Aspek yang dinilai
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
Penguasaan materi
|
||||
2.
|
Penguasaan nilai – nilai
|
||||
3.
|
Keaktifan melaksanakan shalat
|
||||
4.
|
Ketertiban melaksanakan shalat
|
1. Berjamaah 4. 27 Derajat
2. Imam 5.
Syariat Islam
3. Masbuk
Kunci
jawaban pilihan ganda (Ayo Berlatih)
1.
A 6. A
2.
A 7. A
3.
B 8. B
4.
B 9. C
5.
C 10. B
Nilai =
|
Jumlah jawaban benar
|
X 100
|
Skor maksimum (10)
|
Jawaban Singkat
1. imam
2. shaf
3. laki-laki
4. sendirian
5. hikmah
Pilihan ganda : jumlah
jawaban benar x 1 (maksimal 10 x 1 = 10)
Isian : Jumlah jawaban benar x 1 (maksimal 5 x 1 = 5 )
Nilai untuk pilihan ganda dan isian =
|
Jumlah jawaban benar PG dan isian
|
X 100
|
15
|
Praktik shalat
berjamaah
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan
Ayo Berlatih praktik Shalat berjamaah
Nama siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Skor Maks
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Skor Maks
|
Tindak Lanjut
|
||||
1
|
2
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
|||||
1
|
||||||||||
2
|
||||||||||
3
|
Aspek yang dinilai :
Kekompakan = 20
Bacaan =
40
Gerakan = 40
Skor maksimal = 100
Nilai akhir yang diperoleh oleh
peserta didik adalah sebagai berikut :
a.
Jumlah nilai rata-rata pada kolom "
Praktik Adzan Dan Iqamah"
b.
Jumlah nilai rata-rata pilihan ganda dan
isian
c.
jumlah nilai pada
kolom insyaallah aku bisa dalm penilaian diri
Nilai Akhir=
|
nilai a + nilai b + nilai c
|
3
|
Peserta didik yang sudah
menguasai materi pembelajaran diminta mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan
berupa soal-soal yang berkaitan dengan shalat berjamaah dan praktik shalat
berjamaah.
Peserta didik yang belum
menguasai materi pembelajaran, akan dijelaskan kembali materi shalat berjamaah.
Guru melakukan penilaian kembali terhadap hasil pekerjaan dan tugas siswa
berkaitan dengan shalat berjamaah
Guru meminta peserta didik
untuk meperlihatkan kolom ayo menjawab dalam buku teks kepada orang tuanya
dengan memberikan komentar dan paraf. Kegiatan ini juga dapat dilakukan dengan
mengunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi langsung dengan
orang tua untuk bertukar informasi. Selanjutnya orang tua mengamati anaknya
untuk melaksanakan shalat berjamaah baik di rumah, musholla atau masjid.
VI. Alat dan Sumber Belajar
-
Multimedia
interaktif dan Internet
-
Buku
Siswa Fikih MI kelas II Kemenag. Hal.
28-36
-
Buku
lain yang menunjang
-
Mengetahui
|
Pekalongan,
Juli 2017
|
|
Kepala Sekolah
|
Guru
Mapel
|
|
Muklusin, S.Pd.I
|
Sri Purwani
|
|
NIP. 196405121991021001
|
NIP. -
|
LATIHAN
A. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, dan
c yang merupakan jawaban yang benar!
1. Shalat
jamaah itu terdiri atas …..
a. imam dan makmum
b. anak-anak dan orang tua
c. ayah dan ibu
2. Orang
yang melakukan shalat di belakang imam dan mengikutinya disebut
a. makmum
b. amil
c. muadzin
3. Shalat
berjamaah paling sedikit dilakukan oleh …..
a. satu orang
b. dua orang
c. tiga orang
4. Seorang
perempuan boleh menjadi imam jika makmumnya …..
a. laki-laki
b. perempuan
c. anak-anak
5. Dibawah
ini termasuk syarat menjadi imam, kecuali adalah ….
a. sehat akalnya
b. fasih bacaan al-Qurannya
c. tidak mengetahui cara shalat
6. Syarat
menjadi makmum adalah niat mengikuti ……
a. imam
b. dirinya sendiri
c. temannya
7. Sebutan
makmum yang terlambat adalah makmum …..
a. masbuq
b. shalat
c. jamaah
8. Cara
makmum mengingatkan imam ketika lupa dengan membaca …..
a. Allahu Akbar
b. Subhanallah
c. Innalillah
9. Keutamaan
shalat berjamaah akan mendapat pahala ……. dari Allah dari pada shalat sendiri.
a. 7 derajat
b. 17 derajat
c. 27 derajat
10. Shalat
jamaah lebih utama dikerjakan di …...
a. rumah
b. masjid
c. lapangan
B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan tepat
!
1. Pemimpin
dalam shalat berjamaah disebut …
2. Barisan
dalam shalat berjamaah disebut …
3. Perempuan
tidak boleh menjadi imam, jika makmumnya …
4. Shalat
berjamaah lebih utama daripada shalat …
5. Melatih
kedisiplinan adalah salah satu … jamaah
C.
Tentukan Sikapmu
No.
|
Pernyataan
|
Sikapku
|
||||
SS
|
S
|
R
|
TS
|
ST
|
||
1.
|
Karena malas ke
masjid saya shalat di rumah
|
|||||
2.
|
Karena tidak ada
ayah Ali shalat jamaah di rumah dan yang menjadi imam ibunya
|
|||||
3
|
Barisan terdepan
dalam shalat jamaah adalah anak-anak
|
|||||
4.
|
Saya hanya shalat
jamaah pada waktu shalat maghrib
|
|||||
5
|
Saya lebih senang
shalat sendirian di rumah
|
D. Ayo
kita praktikkan
Praktekkan
shalat berjamaah bersama dengan temanmu
Hari/Tanggal
|
Nilai
|
Komentar
Guru
|
Tanda
Tangan
|
|
Guru
|
Orang
Tua
|
|||
0 komentar:
Posting Komentar