Senin, 18 Desember 2017

RPP IPA KELAS IV SEMESTER 1 dan 2





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran                : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Satuan Pendidikan          : MIS. Ketitangkidul Bojong
Kelas/Semester                : IV / 1

Nama Guru                     : LUQMAN HARIS, a. Ma.
NIP                                   : 19831116 200710 1 001

KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN


  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP ) 

Sekolah                         :   MIS. KETITANGKIDUL BOJONG
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/1
Materi Pokok               :   Rangka dan Panca Indera Manusia
Waktu                          :   4 x 35 menit  (3 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah, Problem Solving, Praktek, Cooperative Learning
                                                                                                                                
A.    Standar Kompetensi       :
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya

B.     Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya

C.    Indikator :
o   Siswa dapat Mendeskripsikan rangka manusia seperti:
ü  rangka kepala
ü  rangka badan
ü  rangka anggota gerak
ü  sendi
            secara Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian                 ( carefulness)
o   Siswa dapat Mendeskripsikan fungsi rangka manusia :
o   Siswa dapat memahami hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
o   Menjelaskan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian    ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab       ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D.    Materi Essensial
Rangka dan Panca Indera Manusia
o   Mengenal Rangka Manusia (hlm.2)
o   Bagian rangka (hlm.2)
o   Fungsi rangka (hlm.6)

Kerangka manusia
Kerangka manusia terdiri dari kedua menyatu dan individu tulang didukung dan dilengkapi oleh ligamen , tendon , otot dan tulang rawan . It serves as a scaffold which supports organs, anchors muscles, and protects organs such as the brain , lungs and heart . Ini berfungsi sebagai perancah yang mendukung organ-organ, jangkar otot, dan melindungi organ seperti otak , paru-paru dan jantung . The biggest bone in the body is the femur in the thigh, and the smallest is the stapes bone in the middle ear . Tulang terbesar dalam tubuh adalah tulang paha di paha, dan yang terkecil adalah stapes tulang di telinga tengah . In an adult, the skeleton comprises around 30-40% of the total body weight, [ 1 ] and half of this weight is water. Dalam orang dewasa, tulang terdiri dari sekitar 30-40% dari berat total tubuh, [1] dan setengah dari berat ini adalah air.

Fused bones include those of the pelvis and the cranium . tulang Fused termasuk orang-orang dari panggul dan tengkorak . Not all bones are interconnected directly: there are three bones in each middle ear called the ossicles that articulate only with each other. Tidak semua tulang saling berhubungan langsung: ada tiga tulang di setiap telinga tengah disebut ossicles yang mengartikulasikan hanya dengan satu sama lain. The hyoid bone , which is located in the neck and serves as the point of attachment for the tongue , does not articulate with any other bones in the body, being supported by muscles and ligaments. The tulang hyoid , yang terletak di leher dan berfungsi sebagai titik lampiran untuk lidah , tidak mengartikulasikan dengan tulang lainnya di dalam tubuh, yang didukung oleh otot dan ligamen.

Image result for kerangka manusia
E.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV

F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

pertemuan 1
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami peta konsep tentang rangka manusia
F Membacakan bagian-bagian rangka, serta membandingkan tulang bayi dan manusia dewasa
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mendeskripsikan rangka manusia:
-   rangka kepala
-   rangka badan
-   rangka anggota gerak
-   sendi
F Siswa menyebutkan rangka kepala
-   T.Ubun
-   T.Pelipis
-   T. Mata
-   T. Dahi
-   T.Hidung
-   T.Pipi
-   Rahang atas
-   Rahang bawah

F Siswa menyebutkan rangka badan
-   T.Tengkorak
-   Ruas-ruas Tulang leher
-   T.Selangka
-   T.Belikat
-   T.Dada
-   T.Rusuk

-   T.Lengan Atas
-   Ruas-ruas Tulang Punggung
-   TT.Panggul
-   T.Hasta
-   T.Pengumpil
-   T.Pergelangan Tangan
-   T.Telapak tangan
-   Ruas-ruas Jari Tangan
-   T.Paha

-   T.Tempurung lutut
-   T.Betis
-   T.Kering
-   T.Pergelangan kaki
-   T.Telapak kaki
-   Ruas-ruas jari
-   T.Kemaluan
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengulang kembali rangka tubuh manusia dengan fungsinya
  1. Pekerjaan Rumah
o   Mengambar rangka badan manusia

pertemuan 2
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengumpulkan pekerjaan rumah
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menagih tugas pertemuan sebelumnya
F Mendeskripsikan Rangka anggota gerak
F Mendeskripsikan Sendi :
-   Sendi Engsel
-   Sendi Pelana
-   Sendi Peluru
-   Sendi Putar
-   Sendi Geser

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menunjukkan letak sendi yang terdapat pada bagian tubuh manusia secara Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness).
F Mendeskripsikan fungsi rangka, berdasarkan contoh gerak sehari-hari, atau mengamati temannya. Apa yang terjadi bila manusia tidak memiliki rangka.
F Melakukan kegiatan
F Membuat kesimpulan dari kegiatan.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa untuk menyebutkan anggota tubuh yang terdapat sendi

(50 menit)























(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
F Mengambar rangka badan manusia

pertemuan 3
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendeskripsikan penyakit yang menyerang tulang
F Mengetahui bersikap tubuh yang benar.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan kegiatan
F Mengetahui beberapa gangguan pada tulang belakang seperti:
-   Lordosis
-   Kifosis
-   Skoliosis
F Mengetahui cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan yang mengandung viitamin D, kalsium dan fosfor serta berolah raga secara teratur..
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan kembali tentang memelihara kesehatan rangka.

(50 menit)




















(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
F Membuat daftar makanan yang mengandung vitamin D, kalsium dan fosfor


A.    Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya.
Tugas Individu
dan Kelompok

Laporan dan Unjuk kerja


o  Jelaskanlah rangka manusia dan fungsinya.

B.     FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1
&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

  

Mengetahui,
Kepala MIS. Ketitangkidul




Eti Haryanti, S.Pd.I
          NIP. -

Ketitangkidul, .......................20.....
Guru Mapel




Luqman Haris, A. Ma.
NIP : 19831116 200710 1 001

(50 menit)































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   MIS. KETITANGKIDUL BOJONG
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/1
Materi Pokok               :   Rangka dan Panca Indera Manusia
 waktu                          :   2 x 35 menit
Metode                         :   Ceramah dan praktek

A.    Standar Kompetensi       :
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya

B.     Kompetensi Dasar
1.2 Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh

C.    Tujuan Pembelajaran** :
o   Siswa dapat Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya.
o   Siswa dapat Menjelaskan cara pemeliharaan rangka manusia
o   Siswa dapat Mencari informasi tentang penyakit dan kelainan yang umumnya terjadi pada rangka

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian     ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab        ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

D.    Materi Essensial
o   Memelihara kesehatan rangka (hlm.8)
Penyakit yang menyerang tulang (hlm.9)
Bersikap tubuh yang benar (hlm.9)
Makanan bergizi dan berolah raga teratur (hlm.11)

E.     Media Belajar
o   Buku SAINS SD Relevan Kelas IV
o   Benda yang berat (misalnya seember air, setumpuk buku atau tas sekolah), meja dan kursi kelas,

F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendeskripsikan penyakit yang menyerang tulang
F Mengetahui bersikap tubuh yang benar.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan kegiatan
F Mengetahui beberapa gangguan pada tulang belakang seperti:
-   Lordosis
-   Kifosis
-   Skoliosis
F Mengetahui cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan yang mengandung viitamin D, kalsium dan fosfor serta berolah raga secara teratur.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan kembali tentang memelihara kesehatan rangka.


(50 menit)



















  1. Pekerjaan Rumah
F Membuat daftar makanan yang mengandung vitamin D, kalsium dan fosfor



A.    Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Menjelaskan cara pemeliharaan rangka manusia

o  Mencari informasi tentang penyakit dan kelainan yang umumnya terjadi pada rangka

Tugas Individu dan Kelompok



Laporan dan
Unjuk kerja






o  Jelaskanlah cara pemeliharaan rangka manusia

o  Carikan informasi tentang penyakit dan kelainan yang umumnya terjadi pada rangka


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1







&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
  
Mengetahui,
Kepala MIS. Ketitangkidul




Eti Haryanti, S.Pd.I
          NIP. -

Ketitangkidul, .......................20.....
Guru Mapel




Luqman Haris, A. Ma.
NIP : 19831116 200710 1 001



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                         :   MIS. KETITANGKIDUL BOJONG
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/1
Materi Pokok               :   Rangka dan Panca Indera Manusia
waktu                           :   8 x 35 menit (4 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah dan praktek

A.    Standar Kompetensi       :
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya

B.     Kompetensi Dasar
1.3 Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya

C.    Tujuan Pembelajaran** :
o   Siswa dapat Mengidentifikasi alat indera manusia berdasarkan pengamatan
o   Siswa dapat Menjelaskan kegunaan alat indera

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian     ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab        ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

D.    Materi Essensial
Mengenal Alat Indera Manusia (Bagian, cara kerja dan kepekaan terhadap rangsang alat indera) :
o   Mata (hlm.12)

E.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV
o   Otototip snellen, penggaris

F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
pertemuan 1
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang materi sebelumnya
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami peta konsep tentang alat indera manusia.
F Menjelaskan cara kerja mata
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mampu menunjukkan bagian-bagian yang melindungi mata dan kegunaanya :
-   Alis mata
-   Kelopak mata
-   Bulu mata
F Mampu menjelaskan kelenjar air mata dan otot mata.
F Mampu menunjukkan bagian-bagian mata pada gambar yang erat kaitannya dengan fungsi penglihatan.

-   Kornea
-   Iris
-   Lensa
-   Badan Bening
-   Retina
-   Saraf mata
F Melakukan kegiatan.untuk mengetahui kepekaan mata terhadap rangsang
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengulang kembali cara kerja mata


(50 menit)
























  1. Pekerjaan Rumah
F Mengambar anatomi mata



pertemuan 2

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengumpulkan pekerjaan rumah
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya
o   Memahami kembali peta konsep tentang alat indera manusia.


  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan fungsi bagian telinga setelah membaca materi dari buku.
F Menjelaskan cara kerja lidah.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mampu menunjukkan bagian-bagian telinga 
Telinga luar :
Telinga tengah :
Telinga dalam :
-   Daun telinga
-   Lubang telinga
-   Saluran telinga luar

-   Selaput pendengaran
-   Tulang-tulang pendengaran
-   Saluran Eustachius

-   Tiga saluran setengah lingkaran
-   Rumah siput
-   Sakulus dan utrikulus
-   Saraf pendengaran
F Mampu mendeskripsikan cara kerja telinga
F Melakukan kegiatan 1.4 (hlm.19) untuk mengetahui kepekaan mata terhadap rangsang
F Mampu menunjukkan bagian-bagian lidah
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengulang kembali cara kerja mata




  1. Pekerjaan Rumah
o   Mengambar Alat Indera Manusia


pertemuan 3

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya.
o   Memahami kembali peta konsep tentang alat indera manusia.



  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan fungsi hidung.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengulang kembali cara kerja lidah.
F Melakukan kegiatan. untuk mengetahui kepekaan lidah terhadap rangsang.
F Mampu menunjukkan bagian-bagian hidung
F Mampu mendeskripsikan cara kerja hidung sebagi indera pembau
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  1.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan kembali tentang cara kerja lidah dan hidung

(50 menit)

















(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Mengambar anatomi mata


pertemuan 4

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya.
o   Memahami kembali peta konsep tentang alat indera manusia.


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan fungsi kulit
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengulang kembali cara kerja hidung.
F Mampu menunjukkan bagian-bagian kulit
F Mampu mendeskripsikan cara kerja kulit sebagi indera peraba
F Melakukan kegiatan. untuk melihat kepekaan kulit terhadap rangsangan
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan kembali tentang memelihara kesehatan rangka.

(50 menit)
















(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Mengambar anatomi mata


A.    Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengidentifikasi alat indera manusia berdasarkan pengamatan
o  Menjelaskan kegunaan alat indera

Tugas Individu dan Kelompok



Laporan dan unjuk kerja

Uraian Objektif

o  Sebutkan macam-macam alat indera manusia berdasarkan pengamatan
o  Jelaskan kegunaan alat indera


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.







   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


  

Mengetahui,
Kepala MIS. Ketitangkidul




Eti Haryanti, S.Pd.I
          NIP. -

Ketitangkidul, .......................20.....
Guru Mapel




Luqman Haris, A. Ma.
NIP : 19831116 200710 1 001






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         :   MIS. KETITANGKIDUL BOJONG
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/1
Materi Pokok               :   Rangka dan Panca Indera Manusia
waktu                           :   4 x 35 menit  (3 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah

A.    Standar Kompetensi       :
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya

B.     Kompetensi Dasar
1.4 Menerapkan cara memelihara kesehatan panca Indera

C.    Tujuan Pembelajaran** :
o   Siswa dapat Menjelaskan cara merawat dan memelihara alat indera manusia
-   Mata
-   Telinga
-   Lidah
-   Hidung
-   Kulit
o   Siswa dapat Manpu menjelaskan kelainan alat indera yang disebabkan kebiasaan buruk membaca ditempat yang kurang terang

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian     ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab        ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

D.    Materi Essensial
Mengenal Alat Indera Manusia (Merawat dan memelihara kesehatan) :
o   Mata (hlm.16)
o   Telinga (hlm.20)
o   Lidah (hlm.22)

E.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV

F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
pertemuan 1
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menerapkan cara memelihara kesehatan panca Indera
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memahami cara merawat mata.
F Mendeskripsikan kelainan dan penyakit yang dapat menyerang mata :
-   Miopi
-   Hipermiopi
-   Presbiopi
-   Rabun Senja
-   Buta warna

-   Mata merah
-   Katarak

F Mengetahui cara mencegah penyakit mata tersebut.
F Memahami cara merawat telinga.
F Mendeskripsikan kelainan dan penyakit yang dapat menyerang telinga :
-   Tuli
-   Bisul
-   Congek
F Mengetahui cara mencegah penyakit telinga tersebut.
F Memahami cara merawat lidah
F Mendeskripsikan kelainan dan penyakit yang dapat menyerang lidah.
F Mengetahui cara mencegah penyakit lidah tersebut.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengulang kembali cara merawat mata, telinga dan lidah.

(50 menit)



























  1. Pekerjaan Rumah
o   cara memelihara kesehatan panca Indera

pertemuan 2

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengumpulkan pekerjaan rumah
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya
o   Memahami kembali peta konsep tentang alat indera manusia.


  1. Kegiatan Inti

& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menerapkan cara memelihara kesehatan panca Indera
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memahami cara merawat hidung.
F Mendeskripsikan kelainan dan penyakit yang dapat menyerang hidung.
F Mengetahui cara mencegah penyakit hidung tersebut.
F Memahami cara merawat kulit.
F Mendeskripsikan kelainan dan penyakit yang dapat menyerang telinga.
F Mengetahui cara mencegah penyakit kulit tersebut.
F Mampu menunjukkan bagian-bagian lidah
F Menjelaskan cara kerja lidah.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengulang kembali cara merawat hidung dan kulit



  1. Pekerjaan Rumah
o   Melakukan Tugas

pertemuan 3

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya.
o   Memahami kembali peta konsep tentang alat indera manusia.


  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menerapkan cara memelihara kesehatan panca Indera
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menagih tugas
F Mengerjakan Uji kompetensi
F Mengerjakan dan membahas Latihan ulangan.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memberikan pengarahan agar membaca kembali materi tentang Rangka Dan Panca Indera Manusia.

(50 menit)














(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
F  Melakukan Tugas


A.    Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Memberi contoh cara  merawat alat indera.
o  Mencari informasi tentang kelainan alat indera yang disebabkan oleh kebiasaan buruk.

Tugas Individu


Laporan

o  Sebutkan contoh cara  merawat alat indera.
o  Carikan informasi tentang kelainan alat indera yang disebabkan oleh kebiasaan buruk.


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1



&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

  

Mengetahui,
Kepala MIS. Ketitangkidul




Eti Haryanti, S.Pd.I
          NIP. -

Ketitangkidul, .......................20.....
Guru Mapel




Luqman Haris, A. Ma.
NIP : 19831116 200710 1 001



 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                         :   MIS. KETITANGKIDUL BOJONG
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/1
Materi Pokok               :   Struktur dan Fungsi bagian tumbuhan
waktu                           :   2 x 35 menit
Metode                         :   Ceramah dan praktek

A.    Standar Kompetensi       :
1.      Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya

B.     Kompetensi Dasar
2.1 Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya

C.    Tujuan Pembelajaran**
o   Siswa dapat Mendeskripsikan jenis akar serabut dan akar tunggang
o   Siswa dapat Mendeskripsikan akar gantung, akar tunjang dan akar napas.
o   Siswa dapat Mendeskripsikan kegunaan akar

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian     ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab        ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

D.    Materi Essensial
Struktur dan Fungsi bagian tumbuhan
A.    Akar (hlm.35)
o   Struktur akar
o   Keguanaan akar

E.     Media Belajar
o   Tumbuhan kecil
o   Baskom dan air secukupnya

F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan akar tunggang dan memberikan contoh tanamannya
-   Mangga
-   Jeruk
-   Kacang-kacangan
F Menjelaskan akar serabut dan memberikan contoh tanamannya
F Menjelaskan akar-akar yang memiliki tugas khusus
-   Akar gantung
-   Akar pelekat
-   Akar tunjang
-   Akar napas
F Menjelaskan kegunaan akar bagi tumbuhan seperti :
-   Menyerap air
-   Menyerap zat hara
F Memperkokoh tumbuhan

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memahami peta konsep tentang bagian tumbuhan
F Melakukan kegiatan 
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengulang kembali rangka manusia, rangka kepala dan rangka badan

(50 menit)

























  1. Pekerjaan Rumah
o   Menggambar akar berdasarkan kegiatan 2.1 untuk jenis akar yang lain


A.    Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengidentifikasi bagian akar tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri.

Tugas Individu dan Kelompok


Laporan dan unjuk kerja

Uraian Objektif

o  Jelaskanlah  bagian akar tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1


&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.







  
CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
  
Mengetahui,
Kepala MIS. Ketitangkidul




Eti Haryanti, S.Pd.I
          NIP. -

Ketitangkidul, .......................20.....
Guru Mapel




Luqman Haris, A. Ma.
NIP : 19831116 200710 1 001


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         :   MIS. KETITANGKIDUL BOJONG
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/1
Materi Pokok               :   Struktur dan Fungsi bagian tumbuhan
waktu                           :   2 x 35 menit
Metode                         :   Ceramah dan praktek

A.    Standar Kompetensi       :
2.  Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya

B.     Kompetensi Dasar
2.2 Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya

C.    Tujuan Pembelajaran** :
o   Siswa dapat Mendeskripsikan penggolongan batang:
-       batang basah
-       batang berkayu
-       batang rumput
o   Siswa dapat Mendeskripsikan penggunaan batang

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian     ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab        ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

D.    Materi Essensial
Batang (hlm.38)
o   Jenis batang
o   Kegunaan batang

E.     Media Belajar
o   Tumbuhan pacar cina
o   Pisau, gelas, air
o   Pewarna makan

F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memahami peta konsep tentang bagian tumbuhan
F Memahami tentang batang tumbuhan seperti
-   batang basah
-   batang berkayu
-   batang rumput.
F Menyebutkan tanaman yang memiliki batang basah, batang berkayu dan batang rumput.
F Melakukan Kegiatan
F Menyebutkan beberapa kegunaan batang melalui kegiatan
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengulang kegunaan batang dan jenis batang


(50 menit)



















  1. Pekerjaan Rumah
o   Melalkukan tugas 2.1 (hlm.39)



A.    Penilaian:

Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengidentifikasi bagian batang tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri.

Tugas Individu dan Kelompok



Laporan

Uraian Objektif

o  Jelaskanlah bagian batang tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri.


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







  


CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

  
Mengetahui,
Kepala MIS. Ketitangkidul




Eti Haryanti, S.Pd.I
          NIP. -

Ketitangkidul, .......................20.....
Guru Mapel




Luqman Haris, A. Ma.
NIP : 19831116 200710 1 001


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   MIS. KETITANGKIDUL BOJONG
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/1
Materi Pokok               :   Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan
 waktu                          :   2 x 35 menit
Metode                         :   Ceramah dan praktek

A.    Standar Kompetensi       :
2.  Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya

B.     Kompetensi Dasar
2.3 Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya

C.    Tujuan Pembelajaran** :
o   Siswa dapat Mendeskripsikan daun pada tumbuhan
o   Siswa dapat Mengambarkan berbagai jenis daun pada kertas gambar melalui kegiatan 2.3
o   Siswa dapat Menjelaskan bahwa bentuk daun dipengaruhi oleh susunan tulang daun

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian     ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab        ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

D.    Materi Essensial
Daun (hlm.41)
o   Bentuk daun
o   Kegunaan daun

E.     Media Belajar
o   Berbagai daun
o   Kertas gambar dan  alat tulis

F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menagih tugas 2.1
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya


& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memahami peta konsep tentang bagian tumbuhan
F Memahami tentang daun melalui pengamatan langsung (kegiatan)
F Mengelompokan tulang daun yang mempengaruhi bentuki helai daun :
-   Tulang daun menyirip
-   Tulang daun menjari
-   Tulang daun melengkung
-   Tulang daun sejajar
F Mendeskripsikan kegunaan daun :
-   Sebagai tempat pemasakan makanan
-   Sebagai alat pernapasan
-   Sebagai tempat terjadi proses penguapan
F Menyebutkan beberapa kegunaan batang melalui kegiatan
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengulang kegunaan daun.


(50 menit)
























  1. Pekerjaan Rumah
o   Melalkukan tugas 2.2 (hlm.39)



A.    Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengidentifikasi bagian daun tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri
Tugas Individu dan Kelompok


Laporan

Uraian Objektif

o  Jelaskanlah bagian daun tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1









&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







  
CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                       
Mengetahui,
Kepala MIS. Ketitangkidul




Eti Haryanti, S.Pd.I
          NIP. -

Ketitangkidul, .......................20.....
Guru Mapel




Luqman Haris, A. Ma.
NIP : 19831116 200710 1 001


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         :   MIS. KETITANGKIDUL BOJONG
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/1
Materi Pokok               :   Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan
 waktu                          :   4 x 35 menit  (2 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah dan praktek

A.    Standar Kompetensi       :
2.  Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya.

B.     Kompetensi Dasar
2.4 Menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya

C.    Tujuan Pembelajaran** :
o   Siswa dapat Mendeskripsikan bagian-bagian yang dimiliki bunga sempurna seperti :
-   tangkai
-   dasar bunga
-   kelopak

-mahkota
-benang sari
-putik

o   Siswa dapat Mendeskripsikan kegunaan bunga sebagai :
-       Hiasan tumbuhan
-       Tempat berlangsungnya perkembangbiakan tumbuhan
o   Siswa dapat Mendeskripsikan buah sebagai pelindung dari biji yang merupakan bakal tumbuhan baru

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian     ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab        ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

D.    Materi Essensial
Bagian Lain Tumbuhan
o   Bunga
o   Buah dan biji

E.     Media Belajar
o   Kembang sepatu
o   Kertas gambar dan  alat tulis

F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
pertemuan 1

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menagih tugas 2.1
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memahami peta konsep tentang bagian tumbuhan
F Memahami tentang bunga dan bagiannya :
-       Tangkai
-       Dasar bunga
-       Kelopak
-       Mahkota
-       Benang sari
-       Putik
F Melakukan kegiatan.
F Mampu menunjukkan bagian bunga
F Menyebutkan kegunaan bunga :
-   Hiasan tumbuhan
-   Tempat berlangsungnya perkembangbiakan tumbuhan
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
o   Mengulang kegunaan bunga.


(50 menit)



















  1. Pekerjaan Rumah
Melalkukan tugas 2.3 (hlm.46)

pertemuan 2

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menagih tugas 2.3
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa Menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o   Memahami peta konsep tentang bagian tumbuhan
o   Memahami tentang buah dan biji.
o   Menyebutkan bagian buah :
-       Tangkai
-       Kulit
-       Daging
-       Biji
o   Menjelaskan kegunaan buah dan biji
o   Melakukan Uji Kompetensi Hlm.48
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
o   Mengulang kegunaan buah dan biji..


(50 menit)




















(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Menyelesaikan Latiahan Ulangan hlm.49







A.    Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengidentifikasi bagian bunga, buah dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri.

Tugas Individu dan Kelompok

Laporan

Uraian Objektif

o  Jelaskanlah Mengidentifikasi bagian bunga, buah dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri.


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

  
Mengetahui,
Kepala MIS. Ketitangkidul




Eti Haryanti, S.Pd.I
          NIP. -

Ketitangkidul, .......................20.....
Guru Mapel




Luqman Haris, A. Ma.
NIP : 19831116 200710 1 001


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         :   MIS. KETITANGKIDUL BOJONG
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/1
Materi Pokok               :   Menggolongkan Hewan
 waktu                          :   2 x 35 menit
Metode                         :   Ceramah

A.    Standar Kompetensi       :
3. Menggolongkan hewan, berdasarkan jenis makanannya

B.     Kompetensi Dasar
3.1 Mengidentifikasi jenis makanan hewan

C.    Tujuan Pembelajaran** :
o   Siswa dapat Menggolongkan jenis makan hewan

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian     ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab        ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

D.    Materi Essensial
Berbagai Jenis, Makan Hewan (hlm.54)
  • Makanan berupa tumbuhan
  • Makanan berupa hewan

E.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV

F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa Memahami peta konsep tentang penggolongan hewan berdasarkan makan
F Siswa memahami bahwa makanan hewan dapat berupa tumbuhan dan hewan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mampu menyebutkan hewan-hewan yang memakan tumbuhan
-       Ulat
-       Kupu-pupu
-       Belalang
-       Burung
-       Ayam
-        
F Mampu menyebutkan hewan-hewan yang memakan hewan
-       Laba-laba
-       Cecak
-       Nyamuk
-       Tikus
-       Ular
-        
F Memberikan tugas untuk mengelompokan hewan yang memakan hewan lain.

& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mmberikan kesimpulan bahwa bahwa makanan hewan dapat berupa tumbuhan dan hewan


(50 menit)






















  1. Pekerjaan Rumah
o   -



A.    Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengidentifikasi jenis makanan hewan.


Tugas Individu dan Kelompok



Laporan dan unjuk kerja

Uraian Objektif

o  Jelaskan jenis makanan hewan.



FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







 

 CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
  
Mengetahui,
Kepala MIS. Ketitangkidul




Eti Haryanti, S.Pd.I
          NIP. -

Ketitangkidul, .......................20.....
Guru Mapel




Luqman Haris, A. Ma.
NIP : 19831116 200710 1 001


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   MIS. KETITANGKIDUL BOJONG
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/1
Materi Pokok               :   Menggolongkan Hewan
waktu                           :   4 x 35 menit (2 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah dan praktek

A.    Standar Kompetensi       :
3. Menggolongkan hewan, berdasarkan jenis makanannya

B.     Kompetensi Dasar
3.2 Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya

C.    Tujuan Pembelajaran** :
o   Siswa dapat Menggolongkan hewan-hewan yang termasuk pemakan Tumbuhan (herbivora), pemakan daging (karnivora), dan pemakan segala (omnivora).

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian     ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab        ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

D.    Materi Essensial
Menggolongkan Hewan (hlm.55)
o   Herbivor

E.     Media Belajar
o   Gambar berbagai bagian tumbuhan (daun, batang, buah)
o   Gambar berbagai herbivor
o   Kertas gambar, lem dan alat tulis

F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke 1

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat  Memahami peta konsep tentang penggolongan hewan berdasarkan makan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mampu menyebutkan hewan herbivor pemakan dedaunan
-       Kelinci
-       Kambing
-       Kijang sapi
-       Kerbau
-       Gajah
-       Kuda
-       Jerapah
-        
F Mampu menyebutkan hewan herbivor pemakan biji-bijian
-       Burung pipit
-       Kakaktua
-       Merpati
-        
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menegaskan bahwa herbivor yang berbeda ada yang memakan jenis makanan yang sama


(50 menit)




















  1. Pekerjaan Rumah
o   -


Pertemuan ke 2
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya.
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat  Memahami peta konsep tentang bagian tumbuhan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan kegiatan
F Mampu menyebutkan ciri-ciri hewan karnivor berkaki empat, keluarga burung
F Mampu menyebutkan hewan karnivor berkaki empat :
-       Kucing
-       Anjing
-       Harimau
-       Singa
-       Kucing hutan
-        
F Mampu menyebutkan hewan karnivor keluarga burung (Elang, Gagak, burung hantu)
F Mampu menyebutkan ciri-ciri hewan karnivor yang mengeluarkan racun (ular)
F Memahami hewan yang memakan jenisnya sendiri (biasa disebut kanibal)
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menegaskan bahwa ada hewan yang memakan jenisnya sendiri


(50 menit)
























(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o    












A.    Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Menggolongkan hewan-hewan yang termasuk pemakan Tumbuhan (herbivora), pemakan daging (karnivora), dan pemakan segala (omnivora).

Tugas Individu dan Kelompok



Laporan

Uraian Objektif

o  Jelaskanlah  hewan-hewan yang termasuk pemakan Tumbuhan (herbivora), pemakan daging (karnivora), dan pemakan segala (omnivora).


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
  
Mengetahui,
Kepala MIS. Ketitangkidul




Eti Haryanti, S.Pd.I
          NIP. -

Ketitangkidul, .......................20.....
Guru Mapel




Luqman Haris, A. Ma.
NIP : 19831116 200710 1 001


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         :   MIS. KETITANGKIDUL BOJONG
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/1
Materi Pokok               :   Daur Hidup Hewan
Waktu                          :   4 x 35 menit (3 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah

A.    Standar Kompetensi       :
4. Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup

B.     Kompetensi Dasar
4.1 Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing.

C.    Tujuan Pembelajaran** :
o   Siswa dapat Menjelaskan daur hidup hewan.
-       Daur Hidup Ayam
-       Daur Hidup Kucing
-       Daur Hidup Kanguru
-       Daur Hidup Kupu-Kupu
-       Daur Hidup Nyamuk
-       Daur Hidup Lalat
-       Daur Hidup Kecoa
-       Daur Hidup Katak

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian     ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab        ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

D.    Materi Essensial
Daur Hidup Tanpa Metamorfosis
o   Daur Hidup Ayam (hlm.65)
o   Daur Hidup Kucing (hlm.66)
o   Daur Hidup Kanguru (hlm.66)

E.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV

F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke 1
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi  dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat  Memahami peta konsep tentang daur hidup hewan
F Memahami peristiwa perubahan yang dialami makhluk hidup selama hidupnya.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mampu menjelaskan daur hidup Ayam
F Mampu menjelaskan daur hidup Kucing
F Mampu menjelaskan daur hidup Kanguru
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengulang penjelasan peristiwa perubahan yang dialami makhluk hidup selama hidupnya sebagai daur hidup

(50 menit)















  1. Pekerjaan Rumah
o   Mengerjakan soal latihan


Pertemuan ke 2

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya
o   Memahami kembali peta konsep tentang daur hidup hewan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat  Menjelaskan daur hidup Kupu-Kupu
Telur → ulat → kepompong → kupu-kupu
F Menjelaskan daur hidup Nyamuk
Telur → jentik-jentik → pupa → Nyamuk
F Menjelaskan daur hidup Lalat
Telur → belatung → pupa → lalat

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memahami perubahan bentuk tubuh hewan
-   Metamorfosis sempurna (lengkap)
-   Metamorfosis tidak sempurna (tidak lengkap)
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengulang kembali perubahan bentuk metamorfosis lengkap dan tdak lengkap.


(50 menit)


















(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Tugas


Pertemuan ke 3

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya.
o   Memahami kembali peta konsep tentang daur hidup hewan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan daur hidup kecoa
Telur → kecoak muda → kecoak
F Menjelaskan daur hidup Katak
Telur → kecebong → katak muda → katak dewasa
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menceritakan kembali daur hidup kupu-kupu, nyamuk, Lalat, kecoak dan katak
F Menyimpulkan bahwa berubahnya bentuk pada hewan menunjukkan adanya pertumbuhan
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
  1. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan daur hidup hewan yang telah dipelajari


(50 menit)





























































0 komentar:

Posting Komentar

 

Belajar Bersama Untuk MI/SD Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates