RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Satuan Pendidikan : MIS.
Ketitangkidul Bojong
Kelas/Semester : IV /
1
Nama Guru :
LUQMAN HARIS, a. Ma.
NIP :
19831116 200710 1 001
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MIS. KETITANGKIDUL BOJONG
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/1
Materi Pokok : Rangka
dan Panca Indera Manusia
Waktu : 4
x 35 menit (3 X pertemuan)
Metode : Ceramah, Problem Solving, Praktek,
Cooperative Learning
A. Standar Kompetensi :
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh
manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
B. Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka
tubuh manusia dengan fungsinya
C.
Indikator :
o Siswa dapat Mendeskripsikan rangka manusia
seperti:
ü rangka kepala
ü rangka badan
ü rangka anggota gerak
ü sendi
secara Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
o Siswa dapat Mendeskripsikan fungsi rangka
manusia :
o Siswa dapat memahami hubungan antara struktur
kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
o Menjelaskan hubungan antara struktur kerangka
tubuh manusia dengan fungsinya.
& Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa
hormat dan perhatian ( respect
), Tekun ( diligence ) , Tanggung
jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D. Materi
Essensial
Rangka dan Panca Indera Manusia
o
Mengenal
Rangka Manusia (hlm.2)
o
Bagian
rangka (hlm.2)
o
Fungsi
rangka (hlm.6)
Kerangka manusia
Kerangka manusia terdiri dari kedua menyatu dan individu tulang didukung dan dilengkapi oleh ligamen , tendon , otot dan tulang rawan . It serves as a scaffold which supports
organs, anchors muscles, and protects organs such as the brain , lungs and heart . Ini berfungsi sebagai perancah yang mendukung
organ-organ, jangkar otot, dan melindungi organ seperti otak , paru-paru dan jantung . The biggest bone in the body is the femur in the thigh, and the smallest is the stapes bone in the middle ear . Tulang terbesar dalam tubuh
adalah tulang paha di paha, dan yang terkecil adalah stapes tulang di telinga tengah . In an adult, the skeleton
comprises around 30-40% of the total body weight, [
1 ] and half of this weight is water. Dalam orang dewasa, tulang terdiri
dari sekitar 30-40% dari berat total tubuh, [1]
dan setengah dari berat ini adalah air.
Fused bones include those of the pelvis and the cranium . tulang Fused termasuk orang-orang dari panggul dan tengkorak . Not all bones are interconnected
directly: there are three bones in each middle ear called the ossicles that articulate only with each other. Tidak semua
tulang saling berhubungan langsung: ada tiga tulang di setiap telinga tengah disebut ossicles yang mengartikulasikan hanya dengan satu sama lain.
The hyoid bone , which is located in the neck and serves
as the point of attachment for the tongue , does not articulate with any other bones in the body,
being supported by muscles and ligaments. The tulang hyoid , yang terletak di leher dan berfungsi
sebagai titik lampiran untuk lidah , tidak mengartikulasikan dengan tulang lainnya di dalam
tubuh, yang didukung oleh otot dan ligamen.
E. Media
Belajar
o
Buku SAINS SD Relevan Kelas IV
F. Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
pertemuan 1
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menyampaikan Indikator dan
kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F Memahami peta konsep tentang rangka manusia
F Membacakan
bagian-bagian rangka, serta membandingkan tulang bayi dan manusia dewasa
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Mendeskripsikan rangka manusia:
-
rangka kepala
-
rangka badan
-
rangka anggota gerak
-
sendi
F Siswa
menyebutkan rangka kepala
F Siswa
menyebutkan rangka badan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Mengulang
kembali rangka tubuh manusia dengan fungsinya
A.
Penilaian:
B. FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi
)
& Performansi
& LEMBAR PENILAIAN
CATATAN
:
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
|
(50 menit)
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MIS. KETITANGKIDUL BOJONG
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/1
Materi Pokok : Rangka
dan Panca Indera Manusia
waktu :
2 x 35 menit
Metode : Ceramah dan praktek
A. Standar
Kompetensi :
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh
manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
B. Kompetensi
Dasar
1.2 Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh
C. Tujuan
Pembelajaran** :
o Siswa dapat Menjelaskan rangka manusia dan
fungsinya.
o Siswa dapat Menjelaskan cara pemeliharaan
rangka manusia
o Siswa dapat Mencari informasi tentang penyakit
dan kelainan yang umumnya terjadi pada rangka
& Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa
hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D. Materi
Essensial
o
Memelihara
kesehatan rangka (hlm.8)
Penyakit yang menyerang tulang (hlm.9)
Bersikap tubuh yang benar (hlm.9)
Makanan bergizi dan berolah raga teratur (hlm.11)
E. Media
Belajar
o
Buku SAINS
SD Relevan Kelas IV
o
Benda yang
berat (misalnya seember air, setumpuk buku atau tas sekolah), meja dan kursi
kelas,
F. Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Apersepsi dan Motivasi :
Mengulang
materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
|
(5 menit)
|
& Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendeskripsikan penyakit yang menyerang tulang
F Mengetahui
bersikap tubuh yang benar.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan
kegiatan
F Mengetahui
beberapa gangguan pada tulang belakang seperti:
-
Lordosis
-
Kifosis
-
Skoliosis
F Mengetahui
cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan yang mengandung
viitamin D, kalsium dan fosfor serta berolah raga secara teratur.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Memberikan
kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan
kembali tentang memelihara kesehatan rangka.
|
(50 menit)
|
F Membuat
daftar makanan yang mengandung vitamin D, kalsium dan fosfor
|
A. Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Menjelaskan
cara pemeliharaan rangka manusia
o Mencari
informasi tentang penyakit dan kelainan yang umumnya terjadi pada rangka
|
Tugas Individu dan
Kelompok
|
Laporan dan
Unjuk kerja
|
o Jelaskanlah
cara pemeliharaan rangka manusia
o Carikan
informasi tentang penyakit dan kelainan yang umumnya terjadi pada rangka
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif
Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
CATATAN
:
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala MIS. Ketitangkidul
Eti Haryanti, S.Pd.I
NIP. -
|
Ketitangkidul,
.......................20.....
Guru Mapel
Luqman
Haris, A. Ma.
NIP : 19831116 200710 1 001
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MIS. KETITANGKIDUL BOJONG
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/1
Materi Pokok : Rangka
dan Panca Indera Manusia
waktu : 8
x 35 menit (4 X pertemuan)
Metode : Ceramah dan praktek
A. Standar
Kompetensi :
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh
manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
B. Kompetensi
Dasar
1.3 Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan
fungsinya
C. Tujuan
Pembelajaran** :
o Siswa dapat Mengidentifikasi alat indera
manusia berdasarkan pengamatan
o Siswa dapat Menjelaskan kegunaan alat indera
& Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa
hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D. Materi
Essensial
Mengenal Alat
Indera Manusia (Bagian, cara kerja dan kepekaan terhadap rangsang alat indera)
:
o Mata (hlm.12)
E. Media Belajar
o
Buku SAINS SD Relevan Kelas IV
o
Otototip
snellen, penggaris
F. Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
pertemuan 1
|
||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengulang materi sebelumnya
o
Menyampaikan Indikator dan
kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
|||
& Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami
peta konsep tentang alat indera manusia.
F Menjelaskan
cara kerja mata
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Mampu
menunjukkan bagian-bagian yang melindungi mata dan kegunaanya :
-
Alis mata
-
Kelopak mata
-
Bulu mata
F Mampu
menjelaskan kelenjar air mata dan otot mata.
F Mampu
menunjukkan bagian-bagian mata pada gambar yang erat kaitannya dengan fungsi
penglihatan.
F Melakukan
kegiatan.untuk mengetahui kepekaan mata terhadap rangsang
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Mengulang
kembali cara kerja mata
|
(50 menit)
|
F Mengambar
anatomi mata
|
||||||||
pertemuan 2
|
||||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengumpulkan pekerjaan rumah
o
Mengulang materi pertemuan
sebelumnya
o
Memahami kembali peta konsep
tentang alat indera manusia.
|
||||||||
& Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan
fungsi bagian telinga setelah membaca materi dari buku.
F Menjelaskan
cara kerja lidah.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Mampu
menunjukkan bagian-bagian telinga
F Mampu
mendeskripsikan cara kerja telinga
F Melakukan
kegiatan 1.4 (hlm.19) untuk mengetahui kepekaan mata terhadap rangsang
F Mampu
menunjukkan bagian-bagian lidah
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Mengulang
kembali cara kerja mata
|
||||||||
o
Mengambar Alat Indera Manusia
|
||||||||
pertemuan 3
|
||||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengulang materi pertemuan
sebelumnya.
o
Memahami kembali peta konsep
tentang alat indera manusia.
|
& Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan
fungsi hidung.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Mengulang kembali cara kerja lidah.
F Melakukan kegiatan. untuk mengetahui kepekaan lidah terhadap rangsang.
F Mampu menunjukkan bagian-bagian hidung
F Mampu mendeskripsikan cara kerja hidung sebagi indera pembau
F Melakukan
kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Memberikan
kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan kembali tentang cara
kerja lidah dan hidung
|
(50 menit)
|
(5 menit)
|
|
o
Mengambar anatomi mata
|
|
pertemuan 4
|
|
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengulang materi pertemuan
sebelumnya.
o
Memahami kembali peta konsep
tentang alat indera manusia.
|
(5 menit)
|
& Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan
fungsi kulit
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Mengulang kembali cara kerja hidung.
F Mampu menunjukkan bagian-bagian kulit
F Mampu mendeskripsikan cara kerja kulit sebagi indera peraba
F Melakukan kegiatan. untuk melihat kepekaan kulit terhadap rangsangan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Memberikan
kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan
kembali tentang memelihara kesehatan rangka.
|
(50 menit)
|
(5 menit)
|
|
o
Mengambar anatomi mata
|
A. Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengidentifikasi
alat indera manusia berdasarkan pengamatan
o Menjelaskan
kegunaan alat indera
|
Tugas Individu dan
Kelompok
|
Laporan dan unjuk
kerja
Uraian
Objektif
|
o Sebutkan
macam-macam alat indera manusia berdasarkan pengamatan
o Jelaskan
kegunaan alat indera
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif
Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
CATATAN
:
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala MIS. Ketitangkidul
Eti Haryanti, S.Pd.I
NIP. -
|
Ketitangkidul,
.......................20.....
Guru Mapel
Luqman
Haris, A. Ma.
NIP : 19831116 200710 1 001
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MIS. KETITANGKIDUL BOJONG
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/1
Materi Pokok : Rangka
dan Panca Indera Manusia
waktu : 4
x 35 menit (3 X pertemuan)
Metode : Ceramah
A. Standar
Kompetensi :
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh
manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
B. Kompetensi
Dasar
1.4 Menerapkan cara memelihara kesehatan panca Indera
C. Tujuan
Pembelajaran** :
o
Siswa
dapat Menjelaskan cara merawat dan memelihara alat indera manusia
-
Mata
-
Telinga
-
Lidah
|
-
Hidung
-
Kulit
|
o
Siswa
dapat Manpu menjelaskan kelainan alat indera yang disebabkan kebiasaan buruk
membaca ditempat yang kurang terang
& Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat
dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence
) , Tanggung jawab ( responsibility
) Dan Ketelitian ( carefulness)
D. Materi
Essensial
Mengenal Alat Indera Manusia (Merawat dan memelihara kesehatan) :
o Mata (hlm.16)
o Telinga (hlm.20)
o Lidah (hlm.22)
E. Media
Belajar
o
Buku SAINS SD Relevan Kelas IV
F. Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
pertemuan 1
|
|||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menyampaikan Indikator dan
kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
||||||
& Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa
dapat Menerapkan cara memelihara kesehatan panca Indera
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Memahami
cara merawat mata.
F Mendeskripsikan
kelainan dan penyakit yang dapat menyerang mata :
F Mengetahui
cara mencegah penyakit mata tersebut.
F Memahami
cara merawat telinga.
F Mendeskripsikan
kelainan dan penyakit yang dapat menyerang telinga :
F Mengetahui
cara mencegah penyakit telinga tersebut.
F Memahami
cara merawat lidah
F Mendeskripsikan
kelainan dan penyakit yang dapat menyerang lidah.
F Mengetahui
cara mencegah penyakit lidah tersebut.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Mengulang
kembali cara merawat mata, telinga dan lidah.
|
(50 menit)
|
o
cara memelihara kesehatan panca
Indera
|
|
pertemuan 2
|
|
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengumpulkan pekerjaan rumah
o
Mengulang materi pertemuan
sebelumnya
o
Memahami kembali peta konsep
tentang alat indera manusia.
|
|
& Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa
dapat Menerapkan cara memelihara kesehatan panca Indera
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Memahami
cara merawat hidung.
F Mendeskripsikan
kelainan dan penyakit yang dapat menyerang hidung.
F Mengetahui
cara mencegah penyakit hidung tersebut.
F Memahami
cara merawat kulit.
F Mendeskripsikan
kelainan dan penyakit yang dapat menyerang telinga.
F Mengetahui
cara mencegah penyakit kulit tersebut.
F Mampu
menunjukkan bagian-bagian lidah
F Menjelaskan
cara kerja lidah.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Mengulang
kembali cara merawat hidung dan kulit
|
|
o
Melakukan Tugas
|
|
pertemuan 3
|
|
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengulang materi pertemuan
sebelumnya.
o
Memahami kembali peta konsep tentang
alat indera manusia.
|
& Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa
dapat Menerapkan cara memelihara kesehatan panca Indera
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Menagih
tugas
F Mengerjakan
Uji kompetensi
F Mengerjakan
dan membahas Latihan ulangan.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Memberikan
pengarahan agar membaca kembali materi tentang Rangka Dan Panca Indera
Manusia.
|
(50 menit)
|
(5 menit)
|
|
F Melakukan Tugas
|
A. Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Memberi
contoh cara merawat alat indera.
o Mencari
informasi tentang kelainan alat indera yang disebabkan oleh kebiasaan buruk.
|
Tugas Individu
|
Laporan
|
o Sebutkan
contoh cara merawat alat indera.
o Carikan
informasi tentang kelainan alat indera yang disebabkan oleh kebiasaan buruk.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif
Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN
:
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala MIS. Ketitangkidul
Eti Haryanti, S.Pd.I
NIP. -
|
Ketitangkidul,
.......................20.....
Guru Mapel
Luqman
Haris, A. Ma.
NIP : 19831116 200710 1 001
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MIS. KETITANGKIDUL BOJONG
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/1
Materi Pokok : Struktur
dan Fungsi bagian tumbuhan
waktu :
2 x 35 menit
Metode : Ceramah dan praktek
A. Standar
Kompetensi :
1.
Memahami
hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
B. Kompetensi
Dasar
2.1 Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan
fungsinya
C. Tujuan
Pembelajaran**
o Siswa dapat Mendeskripsikan jenis akar serabut
dan akar tunggang
o Siswa dapat Mendeskripsikan akar gantung, akar
tunjang dan akar napas.
o Siswa dapat Mendeskripsikan kegunaan akar
& Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa
hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility
) Dan Ketelitian ( carefulness)
D. Materi
Essensial
Struktur dan Fungsi bagian tumbuhan
A.
Akar
(hlm.35)
o
Struktur
akar
o
Keguanaan
akar
E. Media
Belajar
o
Tumbuhan
kecil
o
Baskom dan
air secukupnya
F. Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menyampaikan Indikator dan
kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
& Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan
akar tunggang dan memberikan contoh tanamannya
-
Mangga
-
Jeruk
-
Kacang-kacangan
F Menjelaskan
akar serabut dan memberikan contoh tanamannya
F Menjelaskan
akar-akar yang memiliki tugas khusus
-
Akar gantung
-
Akar pelekat
-
Akar tunjang
-
Akar napas
F Menjelaskan
kegunaan akar bagi tumbuhan seperti :
-
Menyerap air
-
Menyerap zat hara
F Memperkokoh
tumbuhan
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Memahami
peta konsep tentang bagian tumbuhan
F Melakukan
kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Mengulang
kembali rangka manusia, rangka kepala dan rangka badan
|
(50 menit)
|
o
Menggambar akar berdasarkan
kegiatan 2.1 untuk jenis akar yang lain
|
A. Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengidentifikasi
bagian akar tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri.
|
Tugas Individu dan
Kelompok
|
Laporan dan unjuk
kerja
Uraian
Objektif
|
o Jelaskanlah bagian akar tumbuhan dan fungsinya bagi
tumbuhan itu sendiri
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif
Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala MIS. Ketitangkidul
Eti Haryanti, S.Pd.I
NIP. -
|
Ketitangkidul,
.......................20.....
Guru Mapel
Luqman
Haris, A. Ma.
NIP : 19831116 200710 1 001
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MIS. KETITANGKIDUL BOJONG
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/1
Materi Pokok : Struktur
dan Fungsi bagian tumbuhan
waktu : 2
x 35 menit
Metode : Ceramah dan praktek
A. Standar
Kompetensi :
2. Memahami hubungan antara
struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
B. Kompetensi
Dasar
2.2 Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan
fungsinya
C. Tujuan
Pembelajaran** :
o
Siswa
dapat Mendeskripsikan penggolongan batang:
-
batang
basah
-
batang
berkayu
-
batang
rumput
o Siswa dapat Mendeskripsikan penggunaan batang
& Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa
hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D. Materi
Essensial
Batang (hlm.38)
o
Jenis
batang
o
Kegunaan
batang
E. Media
Belajar
o
Tumbuhan
pacar cina
o
Pisau,
gelas, air
o
Pewarna
makan
F. Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menyampaikan Indikator dan
kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
& Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa
dapat menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Memahami
peta konsep tentang bagian tumbuhan
F Memahami
tentang batang tumbuhan seperti
-
batang basah
-
batang berkayu
-
batang rumput.
F Menyebutkan
tanaman yang memiliki batang basah, batang berkayu dan batang rumput.
F Melakukan
Kegiatan
F Menyebutkan
beberapa kegunaan batang melalui kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Mengulang
kegunaan batang dan jenis batang
|
(50 menit)
|
o
Melalkukan tugas 2.1 (hlm.39)
|
A. Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengidentifikasi
bagian batang tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri.
|
Tugas Individu dan
Kelompok
|
Laporan
Uraian Objektif
|
o Jelaskanlah
bagian batang tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif
Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala MIS. Ketitangkidul
Eti Haryanti, S.Pd.I
NIP. -
|
Ketitangkidul,
.......................20.....
Guru Mapel
Luqman
Haris, A. Ma.
NIP : 19831116 200710 1 001
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MIS. KETITANGKIDUL BOJONG
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/1
Materi Pokok : Struktur
dan Fungsi Bagian Tumbuhan
waktu :
2 x 35 menit
Metode : Ceramah dan praktek
A. Standar
Kompetensi :
2. Memahami hubungan antara
struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
B. Kompetensi
Dasar
2.3 Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan
fungsinya
C. Tujuan
Pembelajaran** :
o
Siswa
dapat Mendeskripsikan daun pada tumbuhan
o
Siswa
dapat Mengambarkan berbagai jenis daun pada kertas gambar melalui kegiatan 2.3
o Siswa dapat Menjelaskan bahwa bentuk daun
dipengaruhi oleh susunan tulang daun
& Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa
hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D. Materi
Essensial
Daun (hlm.41)
o
Bentuk
daun
o
Kegunaan
daun
E. Media
Belajar
o
Berbagai
daun
o
Kertas
gambar dan alat tulis
F. Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menagih tugas 2.1
o
Menyampaikan Indikator dan
kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
& Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa
dapat Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Memahami
peta konsep tentang bagian tumbuhan
F Memahami
tentang daun melalui pengamatan langsung (kegiatan)
F Mengelompokan
tulang daun yang mempengaruhi bentuki helai daun :
-
Tulang daun menyirip
-
Tulang daun menjari
-
Tulang daun melengkung
-
Tulang daun sejajar
F Mendeskripsikan
kegunaan daun :
-
Sebagai tempat pemasakan makanan
-
Sebagai alat pernapasan
-
Sebagai tempat terjadi proses
penguapan
F Menyebutkan
beberapa kegunaan batang melalui kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Mengulang
kegunaan daun.
|
(50 menit)
|
o
Melalkukan tugas 2.2 (hlm.39)
|
A. Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengidentifikasi
bagian daun tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri
|
Tugas Individu dan
Kelompok
|
Laporan
Uraian Objektif
|
o Jelaskanlah
bagian daun tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif
Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala MIS. Ketitangkidul
Eti Haryanti, S.Pd.I
NIP. -
|
Ketitangkidul,
.......................20.....
Guru Mapel
Luqman
Haris, A. Ma.
NIP : 19831116 200710 1 001
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MIS. KETITANGKIDUL BOJONG
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/1
Materi Pokok : Struktur
dan Fungsi Bagian Tumbuhan
waktu :
4 x 35 menit (2 X pertemuan)
Metode : Ceramah dan praktek
A. Standar
Kompetensi :
2. Memahami hubungan antara struktur
bagian tumbuhan dengan fungsinya.
B. Kompetensi
Dasar
2.4 Menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya
C. Tujuan
Pembelajaran** :
o
Siswa
dapat Mendeskripsikan bagian-bagian yang dimiliki bunga sempurna seperti :
-
tangkai
-
dasar
bunga
-
kelopak
|
-mahkota
-benang sari
-putik
|
o
Siswa
dapat Mendeskripsikan kegunaan bunga sebagai :
-
Hiasan
tumbuhan
- Tempat berlangsungnya perkembangbiakan tumbuhan
o Siswa dapat Mendeskripsikan buah sebagai
pelindung dari biji yang merupakan bakal tumbuhan baru
& Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa
hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D. Materi
Essensial
Bagian Lain
Tumbuhan
o
Bunga
o
Buah dan
biji
E. Media
Belajar
o
Kembang
sepatu
o
Kertas
gambar dan alat tulis
F. Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
pertemuan 1
|
|||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menagih tugas 2.1
o
Menyampaikan Indikator dan
kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F Siswa
dapat Menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Memahami
peta konsep tentang bagian tumbuhan
F Memahami
tentang bunga dan bagiannya :
F Melakukan
kegiatan.
F Mampu
menunjukkan bagian bunga
F Menyebutkan
kegunaan bunga :
-
Hiasan tumbuhan
-
Tempat berlangsungnya
perkembangbiakan tumbuhan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam
kegiatan penutup, guru:
o
Mengulang kegunaan bunga.
|
(50 menit)
|
Melalkukan tugas 2.3
(hlm.46)
|
|
pertemuan 2
|
|
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menagih tugas 2.3
o
Menyampaikan Indikator dan
kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
& Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa
Menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
o
Memahami peta konsep tentang
bagian tumbuhan
o
Memahami tentang buah dan biji.
o
Menyebutkan bagian buah :
-
Tangkai
-
Kulit
-
Daging
-
Biji
o
Menjelaskan kegunaan buah dan
biji
o
Melakukan Uji Kompetensi Hlm.48
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam
kegiatan penutup, guru:
o
Mengulang kegunaan buah dan
biji..
|
(50 menit)
|
(5 menit)
|
|
o
Menyelesaikan Latiahan Ulangan
hlm.49
|
A. Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengidentifikasi
bagian bunga, buah dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri.
|
Tugas Individu dan
Kelompok
|
Laporan
Uraian Objektif
|
o Jelaskanlah
Mengidentifikasi bagian bunga, buah dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif
Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN
:
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala MIS. Ketitangkidul
Eti Haryanti, S.Pd.I
NIP. -
|
Ketitangkidul,
.......................20.....
Guru Mapel
Luqman
Haris, A. Ma.
NIP : 19831116 200710 1 001
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MIS. KETITANGKIDUL BOJONG
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/1
Materi Pokok : Menggolongkan
Hewan
waktu :
2 x 35 menit
Metode : Ceramah
A. Standar
Kompetensi :
3. Menggolongkan hewan, berdasarkan jenis makanannya
B. Kompetensi
Dasar
3.1 Mengidentifikasi jenis makanan hewan
C. Tujuan
Pembelajaran** :
o Siswa dapat Menggolongkan jenis makan hewan
& Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa
hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D. Materi
Essensial
Berbagai Jenis,
Makan Hewan (hlm.54)
- Makanan berupa tumbuhan
- Makanan berupa hewan
E. Media
Belajar
o
Buku SAINS SD Relevan Kelas IV
F. Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menyampaikan Indikator dan
kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
||||
& Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa
Memahami peta konsep tentang penggolongan hewan berdasarkan makan
F Siswa
memahami bahwa makanan hewan dapat berupa tumbuhan dan hewan
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Mampu
menyebutkan hewan-hewan yang memakan tumbuhan
F Mampu
menyebutkan hewan-hewan yang memakan hewan
F Memberikan
tugas untuk mengelompokan hewan yang memakan hewan lain.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Mmberikan
kesimpulan bahwa bahwa makanan hewan dapat berupa tumbuhan dan hewan
|
(50 menit)
|
o
-
|
A. Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengidentifikasi
jenis makanan hewan.
|
Tugas Individu dan
Kelompok
|
Laporan dan unjuk
kerja
Uraian
Objektif
|
o Jelaskan
jenis makanan hewan.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif
Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN
:
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala MIS. Ketitangkidul
Eti Haryanti, S.Pd.I
NIP. -
|
Ketitangkidul,
.......................20.....
Guru Mapel
Luqman
Haris, A. Ma.
NIP : 19831116 200710 1 001
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MIS. KETITANGKIDUL BOJONG
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/1
Materi Pokok : Menggolongkan
Hewan
waktu : 4
x 35 menit (2 X pertemuan)
Metode : Ceramah dan praktek
A. Standar
Kompetensi :
3. Menggolongkan hewan, berdasarkan jenis makanannya
B. Kompetensi
Dasar
3.2 Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
C. Tujuan
Pembelajaran** :
o Siswa dapat Menggolongkan hewan-hewan yang
termasuk pemakan Tumbuhan (herbivora), pemakan daging (karnivora), dan pemakan
segala (omnivora).
& Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa
hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D. Materi
Essensial
Menggolongkan Hewan (hlm.55)
o
Herbivor
E. Media
Belajar
o
Gambar
berbagai bagian tumbuhan (daun, batang, buah)
o
Gambar
berbagai herbivor
o
Kertas
gambar, lem dan alat tulis
F. Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke 1
|
|||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menyampaikan Indikator dan
kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
||||
& Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa
dapat Memahami peta konsep tentang
penggolongan hewan berdasarkan makan
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Mampu
menyebutkan hewan herbivor pemakan dedaunan
F Mampu
menyebutkan hewan herbivor pemakan biji-bijian
F Melakukan
kegiatan
& Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Menegaskan
bahwa herbivor yang berbeda ada yang memakan jenis makanan yang sama
|
(50 menit)
|
o
-
|
|||
Pertemuan ke 2
|
|||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengulang materi pertemuan
sebelumnya.
o
Menyampaikan Indikator dan
kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
||
& Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa
dapat Memahami peta konsep tentang
bagian tumbuhan
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan
kegiatan
F Mampu
menyebutkan ciri-ciri hewan karnivor berkaki empat, keluarga burung
F Mampu
menyebutkan hewan karnivor berkaki empat :
F Mampu
menyebutkan hewan karnivor keluarga burung (Elang, Gagak, burung hantu)
F Mampu
menyebutkan ciri-ciri hewan karnivor yang mengeluarkan racun (ular)
F Memahami
hewan yang memakan jenisnya sendiri (biasa disebut kanibal)
& Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Menegaskan
bahwa ada hewan yang memakan jenisnya sendiri
|
(50 menit)
|
||
(5 menit)
|
|||
o
|
A. Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Menggolongkan
hewan-hewan yang termasuk pemakan Tumbuhan (herbivora), pemakan daging
(karnivora), dan pemakan segala (omnivora).
|
Tugas Individu dan
Kelompok
|
Laporan
Uraian Objektif
|
o Jelaskanlah hewan-hewan yang termasuk pemakan Tumbuhan
(herbivora), pemakan daging (karnivora), dan pemakan segala (omnivora).
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
* sebagian
besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif
Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN
:
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala MIS. Ketitangkidul
Eti Haryanti, S.Pd.I
NIP. -
|
Ketitangkidul,
.......................20.....
Guru Mapel
Luqman
Haris, A. Ma.
NIP : 19831116 200710 1 001
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MIS. KETITANGKIDUL BOJONG
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/1
Materi Pokok : Daur
Hidup Hewan
Waktu : 4
x 35 menit (3 X pertemuan)
Metode : Ceramah
A. Standar
Kompetensi :
4. Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup
B. Kompetensi
Dasar
4.1 Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di
lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing.
C. Tujuan
Pembelajaran** :
o
Siswa
dapat Menjelaskan daur hidup hewan.
-
Daur Hidup
Ayam
-
Daur Hidup
Kucing
-
Daur Hidup
Kanguru
-
Daur Hidup
Kupu-Kupu
-
Daur Hidup
Nyamuk
-
Daur Hidup
Lalat
-
Daur Hidup
Kecoa
-
Daur Hidup
Katak
& Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa
hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D. Materi
Essensial
Daur Hidup Tanpa Metamorfosis
o
Daur Hidup
Ayam (hlm.65)
o
Daur Hidup
Kucing (hlm.66)
o
Daur Hidup
Kanguru (hlm.66)
E. Media
Belajar
o
Buku SAINS SD Relevan Kelas IV
F. Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke 1
|
|
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menyampaikan Indikator Pencapaian
Kompetensi dan kompetensi yang
diharapkan
|
(5 menit)
|
& Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa
dapat Memahami peta konsep tentang
daur hidup hewan
F Memahami
peristiwa perubahan yang dialami makhluk hidup selama hidupnya.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Mampu
menjelaskan daur hidup Ayam
F Mampu
menjelaskan daur hidup Kucing
F Mampu
menjelaskan daur hidup Kanguru
& Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Mengulang
penjelasan peristiwa perubahan yang dialami makhluk hidup selama hidupnya
sebagai daur hidup
|
(50 menit)
|
o
Mengerjakan soal latihan
|
|
Pertemuan ke 2
|
|
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengulang materi pertemuan
sebelumnya
o
Memahami kembali peta konsep
tentang daur hidup hewan
|
(5 menit)
|
& Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa
dapat Menjelaskan daur hidup Kupu-Kupu
Telur → ulat →
kepompong → kupu-kupu
F Menjelaskan
daur hidup Nyamuk
Telur → jentik-jentik
→ pupa → Nyamuk
F Menjelaskan
daur hidup Lalat
Telur → belatung →
pupa → lalat
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Memahami
perubahan bentuk tubuh hewan
-
Metamorfosis sempurna (lengkap)
-
Metamorfosis tidak sempurna
(tidak lengkap)
& Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Mengulang
kembali perubahan bentuk metamorfosis lengkap dan tdak lengkap.
|
(50 menit)
|
(5 menit)
|
|
o
Tugas
|
|
Pertemuan ke 3
|
|
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengulang materi pertemuan
sebelumnya.
o
Memahami kembali peta konsep
tentang daur hidup hewan
|
(5 menit)
|
& Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan
daur hidup kecoa
Telur →
kecoak muda → kecoak
F Menjelaskan
daur hidup Katak
Telur →
kecebong → katak muda → katak dewasa
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang
topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam
takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan
sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara
peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio,
atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menceritakan kembali daur hidup kupu-kupu, nyamuk, Lalat, kecoak
dan katak
F Menyimpulkan
bahwa berubahnya bentuk pada hewan menunjukkan adanya pertumbuhan
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan
lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah,
dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan
kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan
baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta
produk yang dihasilkan;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,
isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta
didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh
pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna
dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan
peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku
dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil
eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum
berpartisipasi aktif.
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Memberikan
kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan daur
hidup hewan yang telah dipelajari
|
(50 menit)
|
0 komentar:
Posting Komentar