Satuan Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Fikih
Kelas/Semester :
II / Genap
Tema :
Keagungan-Mu ya Allah
Alokasi Waktu : 6
x 4 jp
![]()
I. Kompetensi Inti
KI-2 Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI-3 Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI-4 Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
II. Kompetensi Dasar dan
Indikator
Pencapaian Kompetensi
KD-1.2 Meyakini
bahwa zikir akan men-dekatkan diri kepada Allah swt.
KD-2.2 Membiasakan
perilaku positif sebagai implementasi dari pemahaman terhadap zikir setelah
shalat fardu
KD-3.2 Memahami
zikir setelah shalat fardu
KD-4.2 Mempraktikkan
zikir setelah shalat fardu
Indikator
-
Melafalkan bacaan dzikir setelah shalat fardhu
-
Menyebutkan hikmah dzikir setelah shalat fardhu
-
Membiasakan berdzikir setelah shalat fardhu
-
Mempraktikkan dzikir setelah shalat fardhu
III. Deskripsi Materi
Pembelajaran
a. Dzikir artinya mengingat Allah
b. Setelah selaesai
shalat sebaiknya berdzikir dan berdoa
c. Bacaan dzikir
istighfar, tasbih, tahmid, takbir dan tahlil
Peserta
didik diminta untuk memberikan tanda (V) pada kolom ya atau
tidak
Skor
:
Ya = 10
Tidak = 0
Kunci
jawaban pilihan ganda
1. A 5. C
2. A 6. C
3. B 7. A
4. B 8. B
Jawaban Singkat
1. Ingat
2. Tentram
3. Istighfar
4. Allah maha besar
5. 33 x
Pilihan ganda : jumlah jawaban
benar x 1 (maksimal 8 x1 = 8)
isian :
jumlah jawaban benar x 1 (maksimal
5 x 1 = 5)
Peserta
didik yang sudah menguasai materi pembelajaran diminta mengerjakan materi
pengayaan yang sudah disiapkan berupa soal - soal yang berkaitan dengan dzikir
Peserta
didik yang belum menguasai materi pembelajaran, akan dijelaskan kembali materi
dzikir. Guru melakukan penilaian kembali terhadap hasil pekerjan siswa.
Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan,
misalkanya 30 menit setelah jam pulang.
Guru
meminta peserta didik untuk meperlihatkan kolom insya Allah aku bisa dan kolom
ayo berlatih dalam buku teks kepada orang tuanya denga memberikan komentar dan
paraf. Kegiatan ini juga dapat dilakukan dengan mengunakan buku penghubung guru
dan orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk mengamati.
VI. Alat dan Sumber Belajar
-
Multimedia
interaktif dan Internet
-
Buku
Siswa Fikih MI kelas II Kemenag. Hal. 37- 44
-
Buku
lain yang menunjang
-
Latihan
A. Berilah tanda silang
(X) pada huruf a, b, atau c yang merupakan jawaban yang benar!
1. Dzikir menurut bahasa artinya …..
a. ingat
b. dekat
c. jauh
2. Kita diperintahkan berdzikir supaya … Allah
a. mengingat
b. meninggalkan
c. memusuhi
3. Dengan selalu berdzikir hidup kita akan
selalu…….
a. susah
b. tentram
c. bingung
4. Membaca dzikir sesudah selesaai shalat
hukumnya adalah ….
a. wajib
b. sunah
c. makruh
5.
![]()
a. tahlil
b. tasbih
c. istighfar
6.
![]()
a. istighfar
b. tahmid
c. tasbih
7.
![]()
a. Segala puji bagi Allah
b. Allah Maha Besar
c. Maha Suci Allah
8.
![]()
a. Segala puji bagi Allah
b. Allah Maha Besar
c. Maha Suci
Allah
B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan tepat
!
1. Dzikir menurut bahasa artinya …
2. Dengan berdzikir hidup kita akan menjadi …
3. Bacaan
![]()
4. Allahu akbar artinya …
5. Bacaan istighfar, takbir tahmid dibaca
sebanyak …
C. Tentukan Sikapmu
D. Ayo kita praktekkan
Bacaan dzikir
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Satuan Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Fikih
Kelas/Semester :
II / Ganjil
Tema :
Tegakkan Shalat
Alokasi Waktu : 8
x 4 jp

I. Kompetensi Inti
KI-2 Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam kary yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
II. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KD-1.3. Meyakini
bahwa shalat adalah perintah Allah swt
KD-2.3. Membiasakan
perilaku disiplin sebagai implementasi dari pemahaman shalat fardu
KD-3.1 Memahami adzan
Satuan Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Fikih
Kelas/Semester :
II / Genap
Tema :
Keagungan-Mu ya Allah
Alokasi Waktu : 6
x 4 jp
![]()
I. Kompetensi Inti
KI-2 Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI-3 Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI-4 Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
II. Kompetensi Dasar dan
Indikator
Pencapaian Kompetensi
KD-1.2 Meyakini
bahwa zikir akan men-dekatkan diri kepada Allah swt.
KD-2.2 Membiasakan
perilaku positif sebagai implementasi dari pemahaman terhadap zikir setelah
shalat fardu
KD-3.2 Memahami
zikir setelah shalat fardu
KD-4.2 Mempraktikkan
zikir setelah shalat fardu
Indikator
-
Melafalkan bacaan dzikir setelah shalat fardhu
-
Menyebutkan hikmah dzikir setelah shalat fardhu
-
Membiasakan berdzikir setelah shalat fardhu
-
Mempraktikkan dzikir setelah shalat fardhu
III. Deskripsi Materi
Pembelajaran
a. Dzikir artinya mengingat Allah
b. Setelah selaesai
shalat sebaiknya berdzikir dan berdoa
c. Bacaan dzikir
istighfar, tasbih, tahmid, takbir dan tahlil
Peserta
didik diminta untuk memberikan tanda (V) pada kolom ya atau
tidak
Skor
:
Ya = 10
Tidak = 0
Kunci
jawaban pilihan ganda
1. A 5. C
2. A 6. C
3. B 7. A
4. B 8. B
Jawaban Singkat
1. Ingat
2. Tentram
3. Istighfar
4. Allah maha besar
5. 33 x
Pilihan ganda : jumlah jawaban
benar x 1 (maksimal 8 x1 = 8)
isian :
jumlah jawaban benar x 1 (maksimal
5 x 1 = 5)
Peserta
didik yang sudah menguasai materi pembelajaran diminta mengerjakan materi
pengayaan yang sudah disiapkan berupa soal - soal yang berkaitan dengan dzikir
Peserta
didik yang belum menguasai materi pembelajaran, akan dijelaskan kembali materi
dzikir. Guru melakukan penilaian kembali terhadap hasil pekerjan siswa.
Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan,
misalkanya 30 menit setelah jam pulang.
Guru
meminta peserta didik untuk meperlihatkan kolom insya Allah aku bisa dan kolom
ayo berlatih dalam buku teks kepada orang tuanya denga memberikan komentar dan
paraf. Kegiatan ini juga dapat dilakukan dengan mengunakan buku penghubung guru
dan orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk mengamati.
VI. Alat dan Sumber Belajar
-
Multimedia
interaktif dan Internet
-
Buku
Siswa Fikih MI kelas II Kemenag. Hal. 37- 44
-
Buku
lain yang menunjang
-
Latihan
A. Berilah tanda silang
(X) pada huruf a, b, atau c yang merupakan jawaban yang benar!
1. Dzikir menurut bahasa artinya …..
a. ingat
b. dekat
c. jauh
2. Kita diperintahkan berdzikir supaya … Allah
a. mengingat
b. meninggalkan
c. memusuhi
3. Dengan selalu berdzikir hidup kita akan
selalu…….
a. susah
b. tentram
c. bingung
4. Membaca dzikir sesudah selesaai shalat
hukumnya adalah ….
a. wajib
b. sunah
c. makruh
5.
![]()
a. tahlil
b. tasbih
c. istighfar
6.
![]()
a. istighfar
b. tahmid
c. tasbih
7.
![]()
a. Segala puji bagi Allah
b. Allah Maha Besar
c. Maha Suci Allah
8.
![]()
a. Segala puji bagi Allah
b. Allah Maha Besar
c. Maha Suci
Allah
B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan tepat
!
1. Dzikir menurut bahasa artinya …
2. Dengan berdzikir hidup kita akan menjadi …
3. Bacaan
![]()
4. Allahu akbar artinya …
5. Bacaan istighfar, takbir tahmid dibaca
sebanyak …
C. Tentukan Sikapmu
D. Ayo kita praktekkan
Bacaan dzikir
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KD-4.3 Mempraktikkan
bacaan dan gerakan shalat fardu
Indikator
-
Menyebutkan
syarat wajib shalat
-
Syarat
sah shalat
-
Menyebutkan
hikmah shalat fardu
III. Deskripsi Materi Pembelajaran
a. Syarat shalat ada
dua yaitu syarat wajib dan syarat sah.
b. Syarat wajib.
Shalat adalah beragama islam, baliq dan berakal sehat
c. Syarah sah shalat
adalah suci, menutup aurat, masuk waktu, dan menghadap kiblat
d. Rukun shalat
adalah sesuatu yang harus dikerjakan dalam shalat
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1) Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2) Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3) Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri
kepada peserta didik.
4) Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran.
5) Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif materi
sebelumnya dan mengaitkan dengan materi shalat
6) Media/alat
peraga/alat bantu bisa berupa tulisan manual di papan tulis, kertas karton
(tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca), atau dapat juga menggunakan
multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
7) Pembelajaran Fikih
dapat dilaksanakan di luar kelas, antara lain mushala, masjid, atau tempat
lain yang memungkinkan yang ada di lingkungan madrasah
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Pertemuan ke-1
:
Mengamati
(observing)
1)
Mengamati
gambar anak yang sedang shalat
2)
Mengemukakan
pendapatnya tentang gambar tersebut
Menanya
(questioning)
Menanyakan kepada guru tentang hal-hal yang akan dipelajari
dalam tanya jawab atau diskusi
Mengumpulkan informasi /mencoba (experimenting)
1)
Berdiskusi
tentang syarat-syarat Shalat
2)
Memberikan penjelasan tambahan dan
penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil kajiannya
3)
Membaca penjelasan tentang shalat
Menalar/Mengasosiasi
(associating)
1)
Memberikan penjelasan yang terkait tentang
shalat
2)
Meyebutkan syarah wajib dan syarat sah
shalat
|
135 menit
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
3)
Menyebutkan rukun
shalat
Mengomunikasikan
(communicating)
1)
Memberikan tantangan
kepada siswa untuk menyebutkan syarat wajib dan syarat sah shalat
2)
menjawab guru meminta
siswa untuk menjawab pertanyaan seputar ketentuan shalat
3)
Mengidentifikasi mana
yang merupakan syarat wajib dan mana yang merpakan syarah sah shalat
|
||
Pertemuan ke-2 :
Mengamati
(observing)
1)
Mengamati gambar anak yang sedang shalat
2)
Mengemukakan pendapatnya tentang gambar tersebut
Menanya
(questioning)
Menanyakan
kepada guru tentang hal-hal yang akan dipelajari dalam tanya jawab atau
diskusi
Mengumpulkan
informasi /mencoba (experimenting)
1)
Berdiskusi
tentang Sunnah-Sunnah Shalat
2)
Memberikan penjelasan
tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil kajiannya
3)
Membaca penjelasan
tentang rukun shalat
Menalar/Mengasosiasi
(associating)
1)
Memberikan penjelasan
yang terkait tentang rukun shalat
2)
Meyebutkan sunah –
sunah shalat dan hal yang membatalkan
shalat
Mengomunikasikan (communicating)
1)
Memberikan tantangan
kepada siswa untuk melaksanakan sunah shalat dan menyebutkan hal – hal yang
membatalkan shalat
2)
Menjawab pertanyaan
seputar ketentuan rukun, sunah dan hal yang membatalkan shalat
3)
Mengidentifikasi mana
yang merupakan syarat wajib dan mana yang merupakan syarat sah shalat
|
135 menit
|
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Penutup
|
1) Guru memberikan
penguatan dan menyimpulkan materi tentang adzan dan iqamah
2) Melontarkan
beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi Syarat shalat, Rukun Shalat dan Sunnah-Sunnah Shalat, hal-Hal yang membatalkan shalat
3) Siswa menyalin kesimpulan dalam buku
catatan masing-masing
4) Menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah
|
15 menit
|
a. Skala
Sikap
Guru
melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam skala sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
Penguasaan
materi
|
||||
2.
|
Penguasaan
nilai-nilai
|
||||
3.
|
Keaktifan
melaksanakan shalat
|
||||
4.
|
Ketertiban
melaksanakan shalat
|
.
Kunci
jawaban pilihan ganda
1.
|
B
|
6. A
|
2.
|
A
|
7. A
|
3.
|
A
|
8. A
|
4.
|
C
|
9. C
|
5.
|
C
|
10. C
|
Nilai =
|
Jumlah jawaban benar
|
x 100
|
Skor maksimal (10)
|
Jawaban Singkat
1.
Islam
2.
Niat
3.
Duduk
4.
Rukun
5.
Salam
Pilihan ganda : jumlah jawaban
benar x 1 (maksimal 10 x1 = 10)
isian : jumlah jawaban benar x 1
(maksimal 5 x 1 = 5)
Nilai untuk pilihan ganda dan isian =
|
jumlah jawaban benar PG dan isian
|
= x 100
|
15
|
Guru melakukan penilaian
terhadap peserta didik dalam kegiatan ayo berlatih praktik shalat (rubric ini
bisa digunakan untuk menilai praktik adzan dan iqamah
No
|
Nama siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Skor Maks
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Skor Maks
|
Tindak Lanjut
|
|||
1
|
2
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
|||||
1
|
||||||||||
2
|
||||||||||
3
|
Aspek
yang dinilai :
1.
Gerakan =
50
2.
Bacaan =
50
Skor
maksimal =
100
Nilai
akhir yang diperoleh oleh peserta didik adalah sebagai berikut :
a.
jumlah
jawaban benar x 1 (maksimal 10 x1 = 10)
b.
jumlah jawaban benar x 1
(maksimal 5 x 1 = 5)
c. jumlah nilai pada kolom insyaallah aku bisa
dalm penilaian diri
Nilai akhir =
|
nilai a + nilai b + nilai c
|
3
|
Peserta didik yang sudah menguasai
materi pembelajaran diminta mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan
berupa soal-soal yang berkaitan dengan syarat wajib dan syarat sah shalat
Peserta didik yang belum menguasai
materi pembelajaran, akan dijelaskan kembali materi syarat wajib, syarat sah
dan rukun shalat. Guru melakukan penilaian kembali terhadap hasil pekerjan
siswa. Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang
disesuaikan, misalkanya 30 menit setelah jam pulang.
VI. Alat dan
Sumber Belajar
-
Multimedia
interaktif dan Internet
-
Buku
Siswa Fikih MI kelas II Kemenag. Hal.13-27
-
Buku
lain yang menunjang
-
Mengetahui
|
Pekalongan,
Juli 2017
|
|
Kepala Sekolah
|
Guru
Mapel
|
|
Muklusin, S.Pd.I
|
Sri Purwani
|
|
NIP. 196405121991021001
|
NIP. -
|
LAMPIRAN
1. Melaksanakan
ibadah shalat hukumnya adalah.............................
a. sunnah
b. wajib
c. makruh
2. Bagi orang Islam yang mengerjakan shalat
akan mendapatkan...........................
a. pahala
b. dosa
c. pujian
3. Bagi orang Islam yang melakukan shalat,
maka shalatnya harus ....
a. khusyu'
b. terburu-buru
c. tidak tenang
4. Dalam sehari
semalam, umat Islam diwajibkan shalat sebanyak ... waktu
a. 3
b. 4
c. 5
5. Diantara
syarat sah shalat adalah ...
a. beragama Islam
b. dewasa
c. menutup aurat
6. Suci dari hadast kecil maupun dari hadast
besar merupakan........................... shalat
a. syarat sah
b. sunnah-sunnah
c. syarat wajib
7. Ciri-ciri anak yang sudah baligh adalah..................
a. pernah mimpi basah
b. ABG
c. punya teman banyak
8. Kiblat atau arah shalat yang digunakan
shalat adalah menuju ke...............................
a. Ka'bah
b. Madinah
c. Palestina
9.
Rukun shalat ada ....
a. 11
b. 12
c. 13
10. Di
bawah ini merupakan hal-hal yang membatalkan shalat, kecuali ...
a. makan atau minum
b. banyak bergerak dengan sengaja
c. membaca doa pada tasyahhud akhir
B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan tepat
!
1.
Orang yang diwajibkan
melakukan shalat adalah orang .
2.
Shalat di awali dengan ...
c |
4.
Membaca surat al-Fatihah termasuk ...
shalat
5.
Shalat diakhiri dengan bacaan ...
C. Tugas
kelompok
•
Carilah lima teman dalam satu kelompok
•
Diskusikan bersama, apa yang sebaiknya kamu
lakukan apabila temanmu ada yang tidak melaksanakan shalat
D. Ayo
kita praktekkan
Praktekkan
gerakan shalat beserta bacaanya
Hari/Tanggal
|
Nilai
|
Komentar Guru
|
Tanda Tangan
|
|
Guru
|
Orang Tua
|
|||
0 komentar:
Posting Komentar