Rabu, 06 Desember 2017

RPP Fikih Tematik Tema 4 kelas 2 semester 2


Satuan Pendidikan   :      Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran         :      Fikih
Kelas/Semester       :      II / Genap
Tema                       :      Keagungan-Mu ya Allah
Alokasi Waktu           :      6 x 4 jp                           
    
I.      Kompetensi Inti
       KI-1  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
   KI-2  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
   KI-3  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
        KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
II.    Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KD-1.2   Meyakini bahwa zikir akan men-dekatkan diri kepada Allah swt.
KD-2.2   Membiasakan perilaku positif sebagai implementasi dari pemahaman terhadap zikir setelah shalat fardu
KD-3.2   Memahami zikir setelah shalat fardu
KD-4.2   Mempraktikkan zikir setelah shalat fardu
                     Indikator
-            Melafalkan bacaan dzikir setelah shalat fardhu
-            Menyebutkan hikmah dzikir setelah shalat fardhu
-            Membiasakan berdzikir setelah shalat fardhu
-            Mempraktikkan dzikir setelah shalat fardhu
III.   Deskripsi Materi Pembelajaran
          a.     Dzikir artinya mengingat Allah
        b.     Setelah selaesai shalat sebaiknya berdzikir dan berdoa
        c.     Bacaan dzikir istighfar, tasbih, tahmid, takbir dan tahlil
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1)       Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2)       Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3)       Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.

10 Menit
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

4)       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5)       Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi shalat
6)       Media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca), atau dapat juga menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
7)       Pembelajaran Fikih dapat dilaksanakan di luar kelas, antara lain mushalla,masjid, atau tempat lain yang memungkinkan yang ada di lingkungan madrasah.

Kegiatan Inti

Mengamati (observing)
1)      Mengamati gambar anak yang sedang dzikir
2)      Mengemukakan pendapatnya tentang gambar tersebut
Menanya (questioning)
1)      Menanyakan kepada guru tentang Dzikir Setelah Shalat Fardu
2)      Melontarkan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang dzikir
Mengumpulkan informasi /mencoba (experimenting)
1)       Berdiskusi yang terkait dengan Dzikir Setelah Shalat Fardu
2)       Memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil kajiannya
3)       Membaca penjelasan tentang dzikir
4)       Memberikan penjelasan yang terkait tentang dzikir
Menalar/Mengasosiasi (associating)
1)       Memberikan penjelasan yang terkait tentang Dzikir Setelah Shalat Fardu
2)       Memberikan tantangan kepada siswa untuk melafalkan bacaan dzikir
Mengomunikasikan (communicating)
1)       Menjawab pertanyaan seputar ketentuan dzikir
2)       Mengidentifikasikan bacaan dzikir istighfar, tasbih, tahmid, takbir dan tahlil denngan menjodohkan pernyataan setelah selesai minta tanda tangan orang tua
3)       Memberikan penguatan dan menyimpulkan materi tentang dzikir
4)       Menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing
215 menit
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Penutup
1)      Guru memberikan penguatan dan menyimpulkan materi tentang dzikir
2)      Melontarkan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang dzikir
3)      Siswa menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing
4)      Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah
15 menit
        a.     Guru melakukan penilaian pada rubric insya Allah aku bisa
                   Peserta didik diminta untuk memberikan tanda (V) pada kolom ya atau tidak
No.
Pernyataan
ya
tidak
1.
Saya bisa mengucapkan bacaan istighfar


2.
Saya bisa mengucapkan bacaan tasbih


3.
Saya bisa mengucapkan bacaan takbir


4.
Saya bisa mengucapkan bacaan tahlil


5.
Saya bisa mengucapkan bacaan tahmid


                   Skor :
                   Ya     = 10
                   Tidak = 0
Nilai Akhir=
Perolehan nilai
X 100
Jumlah skor

                   Kunci jawaban pilihan ganda
                   1.  A           5.  C
               2. A         6. C
               3. B         7. A
               4. B         8. B
Nilai Akhir=
Jumlah nilai
X 100
Jumlah skor

Jawaban Singkat
1.  Ingat
2.  Tentram
3.  Istighfar
4.  Allah maha besar
5.  33 x
Nilai =
Jumlah jawaban benar
X 100
Skor maksimum (5)

        Pilihan ganda      :         jumlah jawaban benar x 1 (maksimal 8 x1 = 8)
          isian                     :         jumlah jawaban benar x 1 (maksimal 5 x 1 = 5)

Nilai untuk pilihan ganda dan isian =
Jumlah jawaban benar PG dan isian
X 100
13

Peserta didik yang sudah menguasai materi pembelajaran diminta mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan berupa soal - soal yang berkaitan dengan dzikir
Peserta didik yang belum menguasai materi pembelajaran, akan dijelaskan kembali materi dzikir. Guru melakukan penilaian kembali terhadap hasil pekerjan siswa. Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan, misalkanya 30 menit setelah jam pulang.
Guru meminta peserta didik untuk meperlihatkan kolom insya Allah aku bisa dan kolom ayo berlatih dalam buku teks kepada orang tuanya denga memberikan komentar dan paraf. Kegiatan ini juga dapat dilakukan dengan mengunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk mengamati.
VI.   Alat dan  Sumber Belajar
-                 Multimedia interaktif dan Internet
-                 Buku Siswa Fikih MI kelas II Kemenag. Hal. 37- 44
-                 Buku lain yang menunjang

-        
Mengetahui

Pekalongan,   Juli 2017
         Kepala Sekolah

Guru Mapel





Muklusin, S.Pd.I






Sri Purwani
     NIP. 196405121991021001

                    NIP. -




Latihan
A.    Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, atau c yang merupakan jawaban yang benar!
        1.     Dzikir menurut bahasa artinya …..
               a.     ingat
               b.     dekat
               c.     jauh
        2.     Kita diperintahkan berdzikir supaya … Allah
               a.     mengingat
               b.     meninggalkan
               c.     memusuhi
        3.     Dengan selalu berdzikir hidup kita akan selalu…….
               a.     susah
               b.     tentram
               c.     bingung
        4.     Membaca dzikir sesudah selesaai shalat hukumnya adalah ….
               a.     wajib
               b.     sunah
               c.     makruh
        5.     adalah bacaan ….
               a.     tahlil
               b.     tasbih
               c.     istighfar
        6.       adalah bacaan …..
               a.     istighfar
               b.     tahmid
               c.     tasbih
          7.      Artinya …
               a.     Segala puji bagi Allah
               b.     Allah Maha Besar
               c.     Maha Suci Allah
        8.     Artinya : …
               a.     Segala puji bagi Allah
               b.     Allah Maha Besar
               c.     Maha Suci Allah
B.    Isilah titik-titik di bawah ini dengan tepat !
        1.     Dzikir menurut bahasa artinya …
        2.     Dengan berdzikir hidup kita akan menjadi …
        3.     Bacaan  artinya …
        4.     Allahu akbar artinya …
        5.     Bacaan istighfar, takbir tahmid dibaca sebanyak …

C.    Tentukan Sikapmu
No.
Pernyataan
Sikapku
SS
S
R
TS
ST
1.
Setelah shalat berdzikir akan menambah
pekerjaan





2.
Saya berdzikir hanya memuji kepada Allah





3
Karena masih kecil tidak perlu berdoa





4.
Saya hanya mendoakan untuk diri kita
sendiri





5
Anak yang saleh anak yang tidak mendoakan
orang kedua orang tua








D.    Ayo kita praktekkan
        Bacaan dzikir
Hari/Tanggal
Nilai
Komentar Guru
Tanda Tangan
Guru
Orang Tua







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan   :      Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran         :      Fikih
Kelas/Semester       :      II / Ganjil
Tema                       :      Tegakkan Shalat
Alokasi Waktu           :      8 x 4 jp
    
I.      Kompetensi Inti
       KI-1  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
       KI-2  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.


       KI-3  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah


   KI-4  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam kary yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
II.    Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KD-1.3. Meyakini bahwa shalat adalah perintah Allah swt
KD-2.3. Membiasakan perilaku disiplin sebagai implementasi dari pemahaman shalat fardu
KD-3.1   Memahami adzan

Satuan Pendidikan   :      Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran         :      Fikih
Kelas/Semester       :      II / Genap
Tema                       :      Keagungan-Mu ya Allah
Alokasi Waktu           :      6 x 4 jp                           
    
I.      Kompetensi Inti
       KI-1  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
   KI-2  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
   KI-3  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
        KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
II.    Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KD-1.2   Meyakini bahwa zikir akan men-dekatkan diri kepada Allah swt.
KD-2.2   Membiasakan perilaku positif sebagai implementasi dari pemahaman terhadap zikir setelah shalat fardu
KD-3.2   Memahami zikir setelah shalat fardu
KD-4.2   Mempraktikkan zikir setelah shalat fardu
                     Indikator
-            Melafalkan bacaan dzikir setelah shalat fardhu
-            Menyebutkan hikmah dzikir setelah shalat fardhu
-            Membiasakan berdzikir setelah shalat fardhu
-            Mempraktikkan dzikir setelah shalat fardhu
III.   Deskripsi Materi Pembelajaran
          a.     Dzikir artinya mengingat Allah
        b.     Setelah selaesai shalat sebaiknya berdzikir dan berdoa
        c.     Bacaan dzikir istighfar, tasbih, tahmid, takbir dan tahlil
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1)       Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2)       Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3)       Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.

10 Menit
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

4)       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5)       Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi shalat
6)       Media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca), atau dapat juga menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
7)       Pembelajaran Fikih dapat dilaksanakan di luar kelas, antara lain mushalla,masjid, atau tempat lain yang memungkinkan yang ada di lingkungan madrasah.

Kegiatan Inti

Mengamati (observing)
1)      Mengamati gambar anak yang sedang dzikir
2)      Mengemukakan pendapatnya tentang gambar tersebut
Menanya (questioning)
1)      Menanyakan kepada guru tentang Dzikir Setelah Shalat Fardu
2)      Melontarkan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang dzikir
Mengumpulkan informasi /mencoba (experimenting)
1)       Berdiskusi yang terkait dengan Dzikir Setelah Shalat Fardu
2)       Memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil kajiannya
3)       Membaca penjelasan tentang dzikir
4)       Memberikan penjelasan yang terkait tentang dzikir
Menalar/Mengasosiasi (associating)
1)       Memberikan penjelasan yang terkait tentang Dzikir Setelah Shalat Fardu
2)       Memberikan tantangan kepada siswa untuk melafalkan bacaan dzikir
Mengomunikasikan (communicating)
1)       Menjawab pertanyaan seputar ketentuan dzikir
2)       Mengidentifikasikan bacaan dzikir istighfar, tasbih, tahmid, takbir dan tahlil denngan menjodohkan pernyataan setelah selesai minta tanda tangan orang tua
3)       Memberikan penguatan dan menyimpulkan materi tentang dzikir
4)       Menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing
215 menit
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Penutup
1)      Guru memberikan penguatan dan menyimpulkan materi tentang dzikir
2)      Melontarkan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang dzikir
3)      Siswa menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing
4)      Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah
15 menit
        a.     Guru melakukan penilaian pada rubric insya Allah aku bisa
                   Peserta didik diminta untuk memberikan tanda (V) pada kolom ya atau tidak
No.
Pernyataan
ya
tidak
1.
Saya bisa mengucapkan bacaan istighfar


2.
Saya bisa mengucapkan bacaan tasbih


3.
Saya bisa mengucapkan bacaan takbir


4.
Saya bisa mengucapkan bacaan tahlil


5.
Saya bisa mengucapkan bacaan tahmid


                   Skor :
                   Ya     = 10
                   Tidak = 0
Nilai Akhir=
Perolehan nilai
X 100
Jumlah skor

                   Kunci jawaban pilihan ganda
                   1.  A           5.  C
               2. A         6. C
               3. B         7. A
               4. B         8. B
Nilai Akhir=
Jumlah nilai
X 100
Jumlah skor

Jawaban Singkat
1.  Ingat
2.  Tentram
3.  Istighfar
4.  Allah maha besar
5.  33 x
Nilai =
Jumlah jawaban benar
X 100
Skor maksimum (5)

        Pilihan ganda      :         jumlah jawaban benar x 1 (maksimal 8 x1 = 8)
          isian                     :         jumlah jawaban benar x 1 (maksimal 5 x 1 = 5)

Nilai untuk pilihan ganda dan isian =
Jumlah jawaban benar PG dan isian
X 100
13

Peserta didik yang sudah menguasai materi pembelajaran diminta mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan berupa soal - soal yang berkaitan dengan dzikir
Peserta didik yang belum menguasai materi pembelajaran, akan dijelaskan kembali materi dzikir. Guru melakukan penilaian kembali terhadap hasil pekerjan siswa. Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan, misalkanya 30 menit setelah jam pulang.
Guru meminta peserta didik untuk meperlihatkan kolom insya Allah aku bisa dan kolom ayo berlatih dalam buku teks kepada orang tuanya denga memberikan komentar dan paraf. Kegiatan ini juga dapat dilakukan dengan mengunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk mengamati.
VI.   Alat dan  Sumber Belajar
-                 Multimedia interaktif dan Internet
-                 Buku Siswa Fikih MI kelas II Kemenag. Hal. 37- 44
-                 Buku lain yang menunjang

-        
Mengetahui

Pekalongan,   Juli 2017
         Kepala Sekolah

Guru Mapel





Muklusin, S.Pd.I






Sri Purwani
     NIP. 196405121991021001

                    NIP. -




Latihan
A.    Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, atau c yang merupakan jawaban yang benar!
        1.     Dzikir menurut bahasa artinya …..
               a.     ingat
               b.     dekat
               c.     jauh
        2.     Kita diperintahkan berdzikir supaya … Allah
               a.     mengingat
               b.     meninggalkan
               c.     memusuhi
        3.     Dengan selalu berdzikir hidup kita akan selalu…….
               a.     susah
               b.     tentram
               c.     bingung
        4.     Membaca dzikir sesudah selesaai shalat hukumnya adalah ….
               a.     wajib
               b.     sunah
               c.     makruh
        5.     adalah bacaan ….
               a.     tahlil
               b.     tasbih
               c.     istighfar
        6.       adalah bacaan …..
               a.     istighfar
               b.     tahmid
               c.     tasbih
          7.      Artinya …
               a.     Segala puji bagi Allah
               b.     Allah Maha Besar
               c.     Maha Suci Allah
        8.     Artinya : …
               a.     Segala puji bagi Allah
               b.     Allah Maha Besar
               c.     Maha Suci Allah
B.    Isilah titik-titik di bawah ini dengan tepat !
        1.     Dzikir menurut bahasa artinya …
        2.     Dengan berdzikir hidup kita akan menjadi …
        3.     Bacaan  artinya …
        4.     Allahu akbar artinya …
        5.     Bacaan istighfar, takbir tahmid dibaca sebanyak …

C.    Tentukan Sikapmu
No.
Pernyataan
Sikapku
SS
S
R
TS
ST
1.
Setelah shalat berdzikir akan menambah
pekerjaan





2.
Saya berdzikir hanya memuji kepada Allah





3
Karena masih kecil tidak perlu berdoa





4.
Saya hanya mendoakan untuk diri kita
sendiri





5
Anak yang saleh anak yang tidak mendoakan
orang kedua orang tua








D.    Ayo kita praktekkan
        Bacaan dzikir
Hari/Tanggal
Nilai
Komentar Guru
Tanda Tangan
Guru
Orang Tua







KD-3.3   Memahami shalat fardu
KD-4.3   Mempraktikkan bacaan dan gerakan shalat fardu
                     Indikator
-                 Menyebutkan syarat wajib shalat
-                 Syarat sah shalat
-                 Menyebutkan hikmah shalat fardu
III.   Deskripsi Materi Pembelajaran
        a.     Syarat shalat ada dua yaitu syarat wajib dan syarat sah.
        b.     Syarat wajib. Shalat adalah beragama islam, baliq dan berakal sehat
        c.     Syarah sah shalat adalah suci, menutup aurat, masuk waktu, dan menghadap kiblat
        d.     Rukun shalat adalah sesuatu yang harus dikerjakan dalam shalat
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1) Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2) Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3) Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.
4)     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5) Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi shalat
6)     Media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca), atau dapat juga menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
7)     Pembelajaran Fikih dapat dilaksanakan di luar kelas, antara lain mushala, masjid, atau tempat lain yang memungkinkan yang ada di lingkungan madrasah
10 Menit
Kegiatan Inti

Pertemuan ke-1 :
Mengamati (observing)
1)       Mengamati gambar anak yang sedang shalat
2)       Mengemukakan pendapatnya tentang gambar tersebut
Menanya (questioning)
Menanyakan kepada guru tentang hal-hal yang akan dipelajari dalam tanya jawab atau diskusi
Mengumpulkan informasi /mencoba (experimenting)
1)       Berdiskusi tentang syarat-syarat Shalat
2)       Memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil kajiannya
3)       Membaca penjelasan tentang shalat
Menalar/Mengasosiasi (associating)
1)       Memberikan penjelasan yang terkait tentang shalat
2)       Meyebutkan syarah wajib dan syarat sah shalat
135 menit
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

3)       Menyebutkan rukun shalat
Mengomunikasikan (communicating)
1)       Memberikan tantangan kepada siswa untuk menyebutkan syarat wajib dan syarat sah shalat
2)       menjawab guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan seputar ketentuan shalat
3)       Mengidentifikasi mana yang merupakan syarat wajib dan mana yang merpakan syarah sah shalat

Pertemuan ke-2 :
Mengamati (observing)
1)    Mengamati gambar anak yang sedang shalat
2)    Mengemukakan pendapatnya tentang gambar tersebut
Menanya (questioning)
Menanyakan kepada guru tentang hal-hal yang akan dipelajari dalam tanya jawab atau diskusi
Mengumpulkan informasi /mencoba (experimenting)
1)    Berdiskusi tentang Sunnah-Sunnah Shalat
2)    Memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil kajiannya
3)    Membaca penjelasan tentang rukun shalat
Menalar/Mengasosiasi (associating)
1)    Memberikan penjelasan yang terkait tentang rukun shalat
2)    Meyebutkan sunah – sunah shalat  dan hal yang membatalkan shalat
Mengomunikasikan (communicating)
1)    Memberikan tantangan kepada siswa untuk melaksanakan sunah shalat dan menyebutkan hal – hal yang membatalkan shalat
2)    Menjawab pertanyaan seputar ketentuan rukun, sunah dan hal yang membatalkan shalat
3)    Mengidentifikasi mana yang merupakan syarat wajib dan mana yang merupakan syarat sah shalat
135 menit
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Penutup
1)     Guru memberikan penguatan dan menyimpulkan materi tentang adzan dan iqamah
2)     Melontarkan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi Syarat shalat, Rukun Shalat dan Sunnah-Sunnah Shalat, hal-Hal yang membatalkan shalat
3)     Siswa menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing
4) Menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah
15 menit
        a.     Skala Sikap
                   Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam skala sikap
No
Aspek yang dinilai
1
2
3
4
1.
Penguasaan materi




2.
Penguasaan nilai-nilai




3.
Keaktifan melaksanakan shalat




4.
Ketertiban melaksanakan shalat




                   .
                   Kunci jawaban pilihan ganda
1.
B
6. A
2.
A
7. A
3.
A
8. A
4.
C
9. C
5.
C
10. C

Nilai    =
Jumlah jawaban benar
x 100
Skor maksimal (10)


Jawaban Singkat
1.    Islam
2.    Niat
3.    Duduk
4.    Rukun
5.    Salam
Pilihan ganda : jumlah jawaban benar x 1 (maksimal 10 x1 = 10)
isian : jumlah jawaban benar x 1 (maksimal 5 x 1 = 5)
Nilai untuk pilihan ganda dan isian =
jumlah jawaban benar PG dan isian
= x 100
15

                   Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan ayo berlatih praktik shalat (rubric ini bisa digunakan untuk menilai praktik adzan dan iqamah
No
Nama siswa
Aspek yang dinilai
Skor Maks
Nilai
Ketuntasan
Skor Maks
Tindak Lanjut
1
2
T
TT
R
P
1










2










3










                   Aspek yang dinilai :
1.      Gerakan          = 50
2.    Bacaan           = 50
         Skor maksimal       = 100
                   Nilai akhir yang diperoleh oleh peserta didik adalah sebagai berikut :
a.             jumlah jawaban benar x 1 (maksimal 10 x1 = 10)
b.        jumlah jawaban benar x 1 (maksimal 5 x 1 = 5)
                   c.       jumlah nilai pada kolom insyaallah aku bisa dalm penilaian diri
Nilai akhir      =
nilai a + nilai b + nilai c
3
          Peserta didik yang sudah menguasai materi pembelajaran diminta mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan berupa soal-soal yang berkaitan dengan syarat wajib dan syarat sah shalat
          Peserta didik yang belum menguasai materi pembelajaran, akan dijelaskan kembali materi syarat wajib, syarat sah dan rukun shalat. Guru melakukan penilaian kembali terhadap hasil pekerjan siswa. Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan, misalkanya 30 menit setelah jam pulang.
VI. Alat dan  Sumber Belajar
-                 Multimedia interaktif dan Internet
-                 Buku Siswa Fikih MI kelas II Kemenag. Hal.13-27
-                 Buku lain yang menunjang

-        
Mengetahui

Pekalongan,   Juli 2017
         Kepala Sekolah

Guru Mapel





Muklusin, S.Pd.I






Sri Purwani
     NIP. 196405121991021001

                    NIP. -



LAMPIRAN
          1.       Melaksanakan ibadah shalat hukumnya adalah.............................
a.       sunnah
b.       wajib
c.       makruh
2.       Bagi orang Islam yang mengerjakan shalat akan mendapatkan...........................
a.       pahala
b.       dosa
c.       pujian
3.       Bagi orang Islam yang melakukan shalat, maka shalatnya harus ....
a.       khusyu'
b.       terburu-buru
c.       tidak tenang
          4.       Dalam sehari semalam, umat Islam diwajibkan shalat sebanyak ... waktu
a.     3
b.     4
c.     5
5.     Diantara syarat sah shalat adalah ...
                   a.       beragama Islam
                   b.       dewasa
                   c.       menutup aurat
          6.       Suci dari hadast kecil maupun dari hadast besar merupakan........................... shalat
                   a.       syarat sah
                   b.       sunnah-sunnah
                   c.       syarat wajib  
          7.       Ciri-ciri anak yang sudah baligh adalah..................
                   a.       pernah mimpi basah
                   b.       ABG
                   c.       punya teman banyak
          8.       Kiblat atau arah shalat yang digunakan shalat adalah menuju ke...............................
                   a.       Ka'bah
                   b.       Madinah
                   c.       Palestina
9.        Rukun shalat ada ....
                   a.       11
                   b.       12
                   c.       13
          10.     Di bawah ini merupakan hal-hal yang membatalkan shalat, kecuali ...
                   a.       makan atau minum
                   b.       banyak bergerak dengan sengaja
                   c.       membaca doa pada tasyahhud akhir
B.    Isilah titik-titik di bawah ini dengan tepat !
1.        Orang yang diwajibkan melakukan shalat adalah orang .
2.        Shalat di awali dengan ...
c
3.        Bagi orang yang tidak mampu berdiri, maka ia boleh mengerjakan shalat dengan .
4.        Membaca surat al-Fatihah termasuk ... shalat
5.        Shalat diakhiri dengan bacaan ...
C.    Tugas kelompok
                Carilah lima teman dalam satu kelompok
                Diskusikan bersama, apa yang sebaiknya kamu lakukan apabila temanmu ada yang tidak melaksanakan shalat
D.    Ayo kita praktekkan
          Praktekkan gerakan shalat beserta bacaanya
Hari/Tanggal
Nilai
Komentar Guru
Tanda Tangan
Guru
Orang Tua








0 komentar:

Posting Komentar

 

Belajar Bersama Untuk MI/SD Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates