3.1 Memahami
ketentuan shalat berjamaah
|
-
Menyebutkan
ketentuan shalat berjamaah
-
Menyebutkan
tata cara shalat berjamah
-
Mempraktikkan
shalat berjamaah
-
Membiasakan
shalat berjamaah
|
-
Pengertian
Shalat Berjamaah
-
Syarat
Sah Menjadi Imam dan Makmum
-
Cara
Memberitahu Imam yang Lupa
-
Keutamaan
Shalat Berjamaah
|
Mengamati
(observing)
1)
Mengamati gambar anak shalat berjamaah yang ada di buku teks
2)
Mengamati dan membandingkan gambar anak yang sedang shalat
sendiri dan shalat berjamah mengemukakan pendapatnya tentang gambar tersebut
Menanya
(questioning)
1)
Memberikan pertanyan yang sifatnya memancing pengetahuan siswa
terkait gambar shalat berjamaah.
2)
Mennaya apa bedanya shalat sendiri dan shalat berjamaah dan
manakah yang sering mereka kerjakan
Mengumpulkan
informasi /mencoba (experimenting)
1)
Berdiskusi/mengkaji
tentang Pengertian Shalat Berjamaah, Syarat Sah Menjadi Imam dan
Makmum, Cara Memberitahu Imam yang Lupa, dan Keutamaan Shalat Berjamaah
2)
Memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta
didik tentang hasil kajiannya
Menalar/Mengasosiasi (associating)
Menjelaskan kepada siswa tentang shalat berjamaah, syarat
menjadi imam dan makmum serta cara mengingatkan imam yang lupa,
keutamaan shalat berjamah
Mengomunikasikan
(communicating)
1)
Memberikan
tantangan kepada siswa untuk menyebutkan syarat wajib dan syarat sah shalat
2)
Menjawab
guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan seputar ketentuan shalat
3)
Menjawab
guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan seputar ketentuan shalat
4)
Mengidentifikasi
mana yang merupakan syarat wajib dan mana yang merpakan syarah sah shala
5)
Memberikan
penguatan dan menyimpulkan materi tentang shalat berjamaah
6)
Memberikan
beberapa pertanyaan kepada siswa tentang shalat berjamaah syarat menjadi imam
dan makmum serta cara mengingatkan imam yang lupa
7)
Menyalin
kesimpulan dalam buku catatan masing-masing
Penilaian
Orservasi:
Mengamati
siswa selama proses pembelajaran dengan mengisi rubrik yang telah disusun
Tes tulis:
Tes
kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian
Tes lisan :
Praktikkan bacaan niat
shalat 5 waktu
|
8 x 4 jp
|
-
Multimedia
dan Internet
-
Buku
Siswa Fikih MI kelas II Kemenag. Hal.28-36
-
Buku
lain yang menunjang
|
3.2 Memahami zikir setelah shalat fardu
|
-
Melafalkan bacaan dzikir setelah shalat fardhu
-
Menyebutkan hikmah dzikir setelah shalat fardhu
-
Membiasakan berdzikir setelah shalat fardhu
-
Mempraktikkan dzikir setelah shalat fardhu
|
Dzikir Setelah Shalat
Fardu
1. Istigfar
2. Tasbih
3. Tahmid
4. Takbir
5. Tahlil
|
Mengamati
(observing)
1)
Mengamati
gambar anak yang sedang dzikir
2)
Mengemukakan
pendapatnya tentang gambar tersebut
Menanya
(questioning)
1)
Menanyakan
kepada guru tentang Dzikir Setelah Shalat
Fardu
2)
Melontarkan
beberapa pertanyaan kepada siswa tentang dzikir
Mengumpulkan
informasi /mencoba (experimenting)
1)
Berdiskusi yang terkait dengan Dzikir Setelah Shalat
Fardu
2)
Memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil
kajiannya
3)
Membaca
penjelasan tentang dzikir
4)
Memberikan
penjelasan yang terkait tentang dzikir
Menalar/Mengasosiasi
(associating)
1)
Memberikan penjelasan yang terkait tentang Dzikir Setelah Shalat Fardu
2)
Memberikan
tantangan kepada siswa untuk melafalkan bacaan dzikir
Mengomunikasikan
(communicating)
1)
Menjawab
pertanyaan seputar ketentuan dzikir
2)
Mengidentifikasikan
bacaan dzikir istighfar, tasbih, tahmid, takbir dan tahlil denngan
menjodohkan pernyataan setelah selesai minta tanda tangan orang tua
3)
Memberikan
penguatan dan menyimpulkan materi tentang dzikir
4)
Menyalin
kesimpulan dalam buku catatan masing-masing
Penilaian
Orservasi:
Mengamati siswa
selama proses pembelajaran
dengan mengisi rubrik yang
telah disusun
Tes
tulis:
Tes kemampuan
kognitif dengan menjawab
soal-soal pilihan ganda dan
uraian
Tes lisan
:
Menjawab secara singkat pertanyaan dengan benar
|
6 x 4 jp
|
-
Multimedia
dan Internet
-
Buku
Siswa Fikih MI kelas II Kemenag. Hal.37- 44
-
Buku
lain yang menunjang
|
3.3 Memahami lafal doa setelah shalat fardu
|
- Melafalkan doa setelah
shalat
- Melakukan doa setelah
shalat
- Menyebutkan hikmah doa
-
Mempraktikkan doa setelah shalat
|
- Lafadz doa setelah shalat fardu
- Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Berdoa
- Waktu yang Baik untuk Berdoa
|
Mengamati
(observing)
1)
Mengamati
gambar anak yang sedang berdoa
2)
Mengemukakan
pendapatnya tentang gambar tersebut
Menanya
(questioning)
Menanyakan kepada guru
tentang hal-hal yang akan dipelajari dalam tanya jawab atau diskusi
Mengumpulkan
informasi /mencoba (experimenting)
1) Berdiskusi
tentang Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Berdoa dan Waktu yang Baik untuk Berdoa
2) Memberikan penjelasan
tambahan dan penguatan yang dikemukaan
peserta didik tentang hasil kajiannya
memberikan penguatan
dan menyimpulkan materi tentang doa
Menalar/Mengasosiasi
(associating)
1)
Memberikan penjelasan yang terkait dengan
materi yang dipelajari
2)
Menyebutkan hikmah doa
Mengomunikasikan
(communicating)
1)
Memberikan
tantangan kepada siswa untuk melafalkan bacaan doa untuk orang tua dan doa
kebahagian akhirat
2)
Menjawab
guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan seputar ketentuan doa
3)
Menyalin
kesimpulan dalam buku catatan masing-masing
Penilaian
Orservasi:
Mengamati siswa
selama proses pembelajaran
dengan mengisi rubrik yang
telah disusun
Tes
tulis:
Tes kemampuan
kognitif dengan menjawab
soal-soal pilihan ganda dan
uraian
|
6 x 4
jp
|
-
Multimedia
dan Internet
-
Buku
Siswa Fikih MI kelas II Kemenag. Hal.45-48
-
Buku
lain yang menunjang
|
0 komentar:
Posting Komentar