Jumat, 15 Desember 2017

SILABUS Fikih kelas 2 semester 2

SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan   :      Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran          :      Fikih
Kelas/Semester        :      II/genap
Kompetensi Inti        :      1.       Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
                                 2.       Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
                                           3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
                                           4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.                     
Indikator Pencapaian Hasil Belajar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran dan penilaian
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Belajar
1.1  Meyakini bahwa shalat berjamaah memiliki banyak keutamaan


Terintegrasi dengan Pelajaran
3 Indahnya Kebersamaan
§ Observasi
§ Penilaian Diri
§ Penilaian Sejawat
§ Jurnal/Catatan

-    
1.2  Meyakini bahwa zikir akan men-dekatkan diri kepada Allah swt.


Terintegrasi dengan Pelajaran
4 : Keagungan-Mu ya Allah
§ Observasi
§ Penilaian Diri
§ Penilaian Sejawat
§ Jurnal/Catatan

-    
1.3  Meyakini bahwa Allah akan mengabulkan doa hamba-Nya


Terintegrasi dengan Pelajaran
5 : Kepada-Mu Aku Memohon
§ Observasi
§ Penilaian Diri
§ Penilaian Sejawat
§ Jurnal/Catatan

-    
2.1  Membiasakan sikap kebersamaan dan kekeluargaan sebagai imple-mentasi dari pemahaman terhadap ketentuan shalat berjamaah


Terintegrasi dengan Pelajaran
3 Indahnya Kebersamaan
§ Observasi
§ Penilaian Diri
§ Penilaian Sejawat
§ Jurnal/Catatan

-    
2.2  Membiasakan perilaku positif sebagai implementasi dari pemahaman terhadap zikir setelah shalat fardu


Terintegrasi dengan Pelajaran
4 : Keagungan-Mu ya Allah
§ Observasi
§ Penilaian Diri
§ Penilaian Sejawat
§ Jurnal/Catatan

-    
2.3  Membiasakan sikap husnudzan dan tidak sombong sebagai implementasi dari pemahaman terhadap doa setelah shalat fardu


Terintegrasi dengan Pelajaran
5 : Kepada-Mu Aku Memohon
§ Observasi
§ Penilaian Diri
§ Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan

-    
Pelajaran 3 Indahnya Kebersamaan
3.1 Memahami ketentuan shalat berjamaah
-      Menyebutkan ketentuan shalat berjamaah
-      Menyebutkan tata cara shalat berjamah
-      Mempraktikkan shalat berjamaah
-      Membiasakan shalat berjamaah
-     Pengertian Shalat Berjamaah
-     Syarat Sah Menjadi Imam dan Makmum
-     Cara Memberitahu Imam yang Lupa
-     Keutamaan Shalat Berjamaah
Mengamati (observing)
1)     Mengamati gambar anak shalat berjamaah yang ada di buku teks
2)     Mengamati dan membandingkan gambar anak yang sedang shalat sendiri dan shalat berjamah mengemukakan pendapatnya tentang gambar tersebut
Menanya (questioning)
1)     Memberikan pertanyan yang sifatnya memancing pengetahuan siswa terkait gambar shalat berjamaah.
2)     Mennaya apa bedanya shalat sendiri dan shalat berjamaah dan manakah yang sering mereka kerjakan
Mengumpulkan informasi /mencoba (experimenting)
1)     Berdiskusi/mengkaji tentang Pengertian Shalat Berjamaah, Syarat Sah Menjadi Imam dan Makmum, Cara Memberitahu Imam yang Lupa, dan Keutamaan Shalat Berjamaah
2)     Memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil kajiannya
Menalar/Mengasosiasi (associating)
Menjelaskan kepada siswa tentang shalat berjamaah, syarat menjadi imam dan makmum serta cara mengingatkan imam yang lupa, keutamaan shalat berjamah
Mengomunikasikan (communicating)
1)     Memberikan tantangan kepada siswa untuk menyebutkan syarat wajib dan syarat sah shalat
2)     Menjawab guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan seputar ketentuan shalat
3)     Menjawab guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan seputar ketentuan shalat
4)     Mengidentifikasi mana yang merupakan syarat wajib dan mana yang merpakan syarah sah shala
5)     Memberikan penguatan dan menyimpulkan materi tentang shalat berjamaah
6)     Memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang shalat berjamaah syarat menjadi imam dan makmum serta cara mengingatkan imam yang lupa
7)     Menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing
Penilaian
Orservasi:
Mengamati siswa selama proses pembelajaran dengan mengisi rubrik yang telah disusun
Tes tulis:
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian
Tes lisan :
Praktikkan bacaan niat shalat 5 waktu
8 x 4 jp
-        Multimedia dan Internet
-        Buku Siswa Fikih MI kelas II Kemenag. Hal.28-36
-        Buku lain yang menunjang

4.1  Mensimulasikan tata cara shalat berjamaah

Pelajaran 4 : Keagungan-Mu ya Allah
3.2   Memahami zikir setelah shalat fardu
-        Melafalkan bacaan dzikir setelah shalat fardhu
-        Menyebutkan hikmah dzikir setelah shalat fardhu
-        Membiasakan berdzikir setelah shalat fardhu
-        Mempraktikkan dzikir setelah shalat fardhu
Dzikir Setelah Shalat Fardu
1.  Istigfar
2. Tasbih
3. Tahmid
4. Takbir
5. Tahlil
Mengamati (observing)
1)     Mengamati gambar anak yang sedang dzikir
2)     Mengemukakan pendapatnya tentang gambar tersebut
Menanya (questioning)
1)     Menanyakan kepada guru tentang Dzikir Setelah Shalat Fardu
2)     Melontarkan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang dzikir
Mengumpulkan informasi /mencoba (experimenting)
1)     Berdiskusi yang terkait dengan Dzikir Setelah Shalat Fardu
2)     Memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil kajiannya
3)     Membaca penjelasan tentang dzikir
4)     Memberikan penjelasan yang terkait tentang dzikir
Menalar/Mengasosiasi (associating)
1)     Memberikan penjelasan yang terkait tentang Dzikir Setelah Shalat Fardu
2)     Memberikan tantangan kepada siswa untuk melafalkan bacaan dzikir
Mengomunikasikan (communicating)
1)     Menjawab pertanyaan seputar ketentuan dzikir
2)     Mengidentifikasikan bacaan dzikir istighfar, tasbih, tahmid, takbir dan tahlil denngan menjodohkan pernyataan setelah selesai minta tanda tangan orang tua
3)     Memberikan penguatan dan menyimpulkan materi tentang dzikir
4)     Menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing
Penilaian
Orservasi:
Mengamati siswa
selama proses pembelajaran
dengan mengisi rubrik yang
telah disusun
Tes tulis:
Tes kemampuan
kognitif dengan menjawab
soal-soal pilihan ganda dan
uraian
Tes lisan :
Menjawab secara singkat pertanyaan dengan benar
6 x 4 jp
-        Multimedia dan Internet
-        Buku Siswa Fikih MI kelas II Kemenag. Hal.37- 44
-        Buku lain yang menunjang

4.2   Mempraktikkan zikir setelah shalat fardu
Pelajaran 5 Kepada-Mu Aku Memohon
3.3   Memahami lafal doa setelah shalat fardu
-      Melafalkan doa setelah shalat
-      Melakukan doa setelah shalat
-      Menyebutkan hikmah doa
-      Mempraktikkan doa setelah shalat
-     Lafadz doa setelah shalat fardu
-     Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Berdoa
-     Waktu yang Baik untuk Berdoa
Mengamati (observing)
1)     Mengamati gambar anak yang sedang berdoa
2)     Mengemukakan pendapatnya tentang gambar tersebut
Menanya (questioning)
Menanyakan kepada guru tentang hal-hal yang akan dipelajari dalam tanya jawab atau diskusi
Mengumpulkan informasi /mencoba (experimenting)
1)     Berdiskusi tentang Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Berdoa dan Waktu yang Baik untuk Berdoa
2)     Memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan
peserta didik tentang hasil kajiannya
memberikan penguatan dan menyimpulkan materi tentang doa
Menalar/Mengasosiasi (associating)
1)     Memberikan penjelasan yang terkait dengan materi yang dipelajari
2)    Menyebutkan hikmah doa
Mengomunikasikan (communicating)
1)     Memberikan tantangan kepada siswa untuk melafalkan bacaan doa untuk orang tua dan doa kebahagian akhirat
2)     Menjawab guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan seputar ketentuan doa
3)     Menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing
Penilaian
Orservasi:
Mengamati siswa
selama proses pembelajaran
dengan mengisi rubrik yang
telah disusun
Tes tulis:
Tes kemampuan
kognitif dengan menjawab
soal-soal pilihan ganda dan
uraian
6 x 4 jp
-        Multimedia dan Internet
-        Buku Siswa Fikih MI kelas II Kemenag. Hal.45-48
-        Buku lain yang menunjang

4.3    Mempraktikkan doa setelah shalat fardu



Mengetahui
Kepala Sekolah

Guru Kelas II




(………………………………….………)





(…………………..……………..…………..……)
NIP.

NIP.



0 komentar:

Posting Komentar

 

Belajar Bersama Untuk MI/SD Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates